Flanel Solar Desalination

Perubahan Desain Beserta Komponen untuk Replika Panel Desalinasi

Berikut adalah hasil diskusi untuk perbaikan prototipe pertama dari Flanel Solar Desalination yang merupakan hasil skripsi dari Khairul dan Febri. Oleh karena alat ini mau digunakan di kampung Bungin maka perlu ada perbaikan disana-sini. Diskusi berlangsung di lantai top-up gedung MRC tgl 09 Agustus 2019.

1. Material Pipa

Material awal adalah PVC, namun material tersebut tidak tahan panas saat alat sedang tidak beroperasi (tidak ada air yang mengalir) sehingga pipa memuai dan bengkok. Penggantian akan menggunakan material alumunium agar pipa lebih tahan terhadap udara panas daerah pesisir.

2. Karet Insulator

Pada desain awal karet diletakan diantara alas panel dan absorber (karet berada di dalam panel), untuk revisi desain bahan insulator akan menggunakan material yang berbeda (polyurethane) dan akan diletakan pada bagian luar panel sehingga panas yang masuk ke dalam panel lebih terjaga dan tidak keluar melalu bagian alas/belakang panel.

3. Alas Panel

Material awal dari alas panel adalah plat alumunium, namun di pasaran tidak terdapat lebar plat sebesar 1,2 m sehingga memerlukan 2 plat untuk alas. Penggantian akan menggunakan material ALCOPAN (Aluminium Composite Panel) yang memiliki ketersediaan dimensi lebih dari 1,2 m dipasaran sehingga tidak perlu menumpuk dua plat untuk alas.

4. Rangka Kondenser

Pada desain awal menggunakan 2 rangka, untuk pembaharuan yang akan dilakukan hanya menggunakan satu rangka.

5. Penyangga Rangka Kondenser

Penyangga rangka kondenser awal menggunakan siku alumunium yang ditempelkan pada panel, untuk pembaharuan penyangga akan menggunakan baut panjang sehingga rangka kondenser tidak bergerak namun masih mudah apabila ingin dilepas

6. Baut dan Mur

Baut dan Mur akan menggunakan material stainless steel agar lebih tahan karat dari cuaca hujan maupun panas serta apabila terkena angin laut.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, termasuk Raldi Artono Koestoer, orang berdiri dan luar ruangan

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri

Baut dan Mur akan menggunakan material stainless steel agar lebih tahan karat dari cuaca hujan maupun panas serta apabila terkena angin laut.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: