Two Phase Flow Kerjasama UI-UTM

Rasanya perlu juga saya menjelaskan apa itu Two Phase Flow. Jadi bahasa Indonesia secata mudah kita terjemahkan menjadi aliran dua fase. Anda tahu kan fase cair atau likuid, lalu anda tahu juga fase gas (kalau air fase gasnya adalah uap atau uap air). Nah aliran dua fase itu artinya likuid dan gas mengalir bersama-sama, bisa juga likuid dengan solid. Tentu saja pendekatannya bermacam-macam. Ada yg berasal dari satu zat (substance) misalnya air dengan uapnya atau juga gas dan likuidnya berasal dari zat yang berbeda. Secara general disebut juga multifase karena aliran yg terjadi bukan saja terdiri dari 2 fase gas likuid tapi juga 3 fase solid gas dan likuid. Biasanya mata kuliah aliran multifase ini diajar di semester akhir S1 atau di S2 (ada yg bareng untuk program fast-track). Lebih banyak eksis di jurusan atau Departemen Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Nuklir, Teknologi Energi dll. Kalau di Teknik Mesin, Aliran dua fase ini merupakan salah satu cabang kelanjutan dari FLuid Mechanic dan Heat Trasfer karena kasusnya banyak terjadi pada fenomena boiling dan condensation.

Kembali ke masa lalu tahun 90 an. Bersama dg mantan murid Sasanti Proborini, saya menulis buku judulnya – Aliran Dua Fase dan Fluks Kalor Kritis -, Pradnyaparamita 1994. Setelah itu saya merasa tidak ada harapan lagi untuk berlecimpung di 2 fase, boleh dikata saya tinggalkan karena tak ada teman tak ada komunitas dibidang ini. Lihat di web saya yang dulu: https://koestoer.wordpress.com/2012/10/09/buku-saya-20-tahun-lalu/

Nah tahu2 th 2009 pulanglah dari Korea staf muda DTM-FTUI yaitu Doktor Agus Pamitran, yang ternyata disertasinya berkaitan dengan ‘Aliran dua fase refrigeran dalam mikro-kanal’. Mulailah muncul semangat saya, sehingga bisa dilihat di tulisan saya : https://koestoer.wordpress.com/2012/12/07/didih-alir-dan-dua-fase/

Singkat kata kami kemudian membimbing bersama sdr Sentot Novianto (Unu) untuk membuat penelitian S3. Yang mana beliau lulus doktor tahun lalu 2018. Kerjasama ini kemudian dilanjutkan dengan membuat proposal hibah riset kerjasama internasional yang telahdisetujui Dikti tahun ini.

Mitra kerjasama berasal dari tim Thermofluids UTM (Univ Teknologi Malaysia) dbp ibu Prof Normah Ghazali, maka dalam rangka itulah kami visit dan lecturing di UTM Johor tgl 29-01 Okt 2019.

Berikut video dan foto tim UI yg terdiri dari beberpa orang : Agus Pamitran (pemimpin rombongan), Raldi (dosen senior), Sentot Novianto (fresh grad Doktoral, yg juga dosen Univ Trisakti), Fajri (mhs S3, ice slurry), Rehan S1 dan Iva S1.

Slide foto di UTM 01 Okt 2019

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: