Transduser Pengukur Tekanan

Parameter Tekanan (pressure) merupakan salah satu parameter yang penting dalam termodinamika, tanpa mengetahui tekanan terutama pada fase gas ataupun liquid sebuah instalasi bisa menjadi sumber malapetaka. Pengendalian tekanan ini tentu saja memerlukan alat untuk mengetahui besarnya atau nilainya, untuk itu digunakanlah pengukur tekanan. Cara lama dalam mengukur tekanan ini menggunakan cara mekanik dalam mengkonversi perubahan  tekanan menjadi sebuah gerak jarum penunjuk. Model yang baru sekarang menggunakan cara elektronik. Tentu saja metode ini menyajikan respons yang lebih cepat dan akurat.

Buku ini membahas kedua model tersebut diatas. Pengukur tekanan tipe Bourdon sebagai representasi model lama tetap digunakan bahkan sampai sekarang karena masih bermanfaat terutama sebagai indicator visual untuk operator agar selalu bias mengetahui tekanan dalam tangki atau instalasi. Karena respons yang cepat dari pengukur tekanan elektronik atau disebut juga pressure-transducer maka digunakanlah alat ini sebagai pencatat real-time agar bisa mengetahui perubahan tekanan dari waktu ke waktu (detik demi detik). Dengan demikian banyak lagi yang bisa kita lakukan terutama dengan merangkaikannya dengan computer atau pencatat digital lainnya sehingga spectrum penggunaannya menjadi lebih luas,

Dalam penelitian dan pengembangan penggunaan pressure transducer ini sudah tidak dapat dihindari lagi, karena seringkali peneliti memerlukan data real-time sekaligus menggabungkannya dengan program computer (coding) dimana perubahan parameter tekanan dalam system dinamis manjadi masukan yang penting dalam analisa kondisi instalasi.

Accuracy, precision, repeatability serta reproducibility merupakan fenomena yang penting dalam pengukuran tekanan teutama bila kita mengukur perbedaan tekanan yang kecil. Seringkali persoalan juga muncul saat kita belum mengetahui apa artinya Zero-offset dalam menggunakan pressure-transducer. Standar, kalibrasi, ilmu statistic, merupakan bahasan yang tak terpisahkan dalam pengukuran tekanan.

Dengan mulai maraknya penggunaan Arduino sebagai template mikroprosesor, maka variasi terapan dari (PT – Pressure Transducer) meningkat menjadi alat kendali (kontroler) dari suatu sistem sekuriti dari sebuah instalasi bertekanan tinggi. Dalam buku ini anda akan menemukan cara menghubungkan antara PT dengan data logger ataupun sistem data acquisition sehingga penggunaannya menjadi lebih bervariasi bahkan dengan harga yang terjangkau. Banyak peralatan canggih bias kita buat dengan memahami sirkuit elektronik antara PT dengan Arduino.

Kritik dan saran pembaca sangat kami harapkan dan semoga buku kecil ini dapat berguna untuk siapa saja yang  menggunakan alat pengukur tekanan.

Depok, 22 Maret 2019

Raldi Artono koestoer

Info lanjut WA/HP/SMS 08111383300


Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: