Zarathustra di Yazid Iran

Zarathrustra adalah agama kuno Parsi yang muncul abad ke 17 Sebelum Masehi. Jadi jauh sebelum Islam dan Kristen. Pusatnya ada di kota Yazid Iran. Yazid lebih sering ditulis disana dengan Yazd saja, 440 km dari Shiraz kota besar di Selatan Iran.

Kota ini merupakan pusat agama Zarathustra atau Zoroaster (bah Yunani). Orang Islam menyebutnya Majusi. Kuil api itu adanya di kota ini. Sekarang masih digunakan namun menjadi tempat turis yang sangat menarik.

Konsep Ketuhanan [suntingan Wikipedia]

Di dalam ajaran Zoroastrianisme, hanya ada satu Tuhan yang universal dan Maha Kuasa, yaitu Ahura Mazda.[3] Ia dianggap sebagai Sang Maha Pencipta, segala puja dan sembah ditujukan hanya kepadanya.[3] Pengakuan ini adalah bentuk penegasan bahwa hanya Ahura Mazda yang harus disembah di tengah konteks kepercayaan tradisional masyarakat Iran yang kuat dengan pengaruh politeisme.[5]

Simbol Tuhannya adalah Ahura Mazda, lihat gambar orang dan sayap garuda. Nabinya ya dipanggil Zoroaster itu, Wafat usia 77 th.-…. BTW agama atau kepercayaannya Freddie Mercury pemimpinnya the Queen yang terkenal itu adalah Zarathustra ini karena memang aslinya dia orang Parsi.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: