Pengujian Droplet dan Masker di laboratorium

Sebuah pengujian saintifik guna mengetahui seberapa jauh droplet itu menyebar dan seberapa ampuh masker bisa melindungi kita telah dilakukan di sebuah Univ di Jerman.

Seperti kita ketahui Sar-CoV2 ditularkan melalui droplet saat orang batuk atau bersin. Namun seberapa jauh droplet dimana terkandung virus corona itu menyebar, sesaat setelah orang batuk, menjadi pertanyaan kita semua. Sekali batuk droplet terbang bisa mencapai 1,5 meter, jadi gimana kalau batuknya berkali-kali dan terus-terusan ? Ya tentu saja bisa lebih dari 1,5 m, bahkan untuk droplet yang kecil sekali atau bisa kita sebut aerosol (lebih kecil dari 1 micron atau 1/1000 mm) bisa mencapai lebih dari 1,5 m. Hal ini bisa dilihat dalam video kiriman seorang teman alumni Jerman namanya RI (thanks to RI).

Nah dengan menggunakan peralatan khusus yaitu PIV (Particle Image Velocimeter), droplet yang beterbangan ini bisa dilihat. Sekaligus diperiksa kemampuan masker (pelindung mulut dan hidung) dalam mencegah bertebarannya virus corona ini.

Apakah masker bisa mencegah penyebaran virus mel droplet ? Jawabannya adalah ‘Ya’. Masker bisa melindungi kita dari penularan virus Sars-CoV2 ini.

Jadi kesimpulannya adalah masker yang digunakan oleh orang yang sudah positif mengidap Covid19 memang bisa melindungi orang-orang disekitarnya dari penularan virus Covid19. Jadi kalau orang disekitarnya juga menggunakan masker, maka ada dobel perlindungan terhadap penyebaran virus.

JADI GUNAKAN SELALU MASKER KEMANAPUN ANDA PERGI… JANGAN PERNAH LUPA (terutama buat orang tua yang suka lupa seperti saya).

—— Salam sehat semua, cegah virus corona ——

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: