From Research to People Empowerment

Kata Pengantar From Research

Sejak 3-4 tahun terakhir ini, Group riset inkubator gratis mulai banyak menulis paper tentang beberapa subyek yang terkait dengan kegiatan didalam menangani masalah kesehatan berikut dengan ilmu-ilmu pendukungnya. Subyek termal tetap menjadi topic riset kami disamping riset terapan yang mengarah pada kepentingan dunia kesehatan.

Pengukuran dan kalibrasi banyak menjadi sasaran penelitian dan pengembangan group kami karena munculnya sekarang ini sebuah template mikroprosesor Arduino yang relative harganya terjangkau dan teknologinya bisa dibuka melalui berbagai sumber di internet atau istilahnya sekarang ‘open source’, dengan demikian dunia akademik universitas bisa mempelajari dan mempraktekkannya secara seksama.

Proses kalibrasi yang berarti sebuah metodologi untuk membuktikan bahwa alat ukur sudah bekerja dengan baik atau menghasilkan luaran pengukuran yang memadai memerlukan pembuktian yang berjenjang. Dengan demikian hasil luaran sebuah system pengukuran seperti Sistem Akuisisi Data (DAQ) dapat dipertanggung-jawabkan.

ANggota tim yang terdiri dari beberapa orang diantaranya Raldi AK, Ibnu Roihan, Arbi Riantono, Juan Karnadi, Reski Septiana dan Jerrel Iskandar, bekerja dengan tekun sehari-hari di GEdung MRC FTUI lantai 6. Tentu saja topic yang diangkat disini menjadi topic penelitian akademis S1, S2 dan S3 di FTUI, sehingga peneliti yang dalam hal ini mahasiswa berpartisipasi amat banyak, karena semua topic berkaitan dengan skripsi, tesis S2 mupun disertasi S3 mereka. Banyak sudah yang lulus dan bekerja di industry maupun melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.

Semoga karya ini bermanfaat untuk mereka yang berminat dalam penelitian dan pengembangan baik di dunia akademis maupun dunia industry. Tentu saja masih banyak kekurangan dalam buku ini, kami terbuka terhadap segala kritik yang membangun.

Tim Inkubator UI (koestoer@eng.ui.ac.id)

Raldi AK, Ibnu Roihan, Arbi Riantono, Juan Karnadi

 Reski Septiana, Jerrel Iskandar.-

-0-

Feel free to contact:

koestoer@eng.ui.ac.id atau raldi@inkubator-gratis.org

HP/WA : 0811-1383-300 (Ibnu Roihan ST MT)

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: