Strategi Mas Menteri

Oleh: Ahmad Rizali

Karya besar Mendikbud Nadiem

Ketika masyarakat gaduh dengan semua program yang dilakukan Mendikbud Nadiem (MN) yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, dengan tanpa kegaduhan sama sekali Tahun 2020 ini MN sedang menyelesaikan proyek besar yang akan sangat berpengaruh kepada pendidikan Indonesia, digitalisasi menuju era “Big Data”.

Saya dengar MN sedang dalam proses membeli Chromebook, sejenis laptop khusus produk Google senilai 700 Milyar yang akan dibagikan kepada murid2 sekolah. Karena khusus, jelas Laptop ini nanti salah satu keistimewaannya hanya bisa diisi program yang diinginkan dan menjadi alat pengumpul semua data yang terkait dengan dunia pendidikan Indonesia.

Guna “melengkapi” Aserdik platform milik Ristekdikti, MN juga sedang membangun plaform baru. Tentu, platform ini akan menjadi bagian terpadu dari pembelian Chromebook tersebut. Selanjutnya, MN juga sedang membangun SuperApps yang akan digunakan di plarform dan gadget Chromebook tersebut.

Jadi kegaduhan2 urusan program itu menurut saya perkara yang sangat mudah dikoreksi jika salah, namun ketika gadget, platform dan apps sudah tersedia dan wajib digunakan, maka di sanalah esensi (ke)Merdeka (an dlm) Belajar itu menjadi terasa maknanya.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: