Christmas Truce Mengharukan

(DIsalin dari WAG)

Christmas Truce at Saint Yves Belgium

Video ini adalah iklan natal yang dibikin oleh perusahaan retail Inggris Sainsbury’s bekerjasama dengan The Royal British Legion, semacam TVRI dan Pepabri-nya Inggris.

Iklan ini terbit pertama kalinya pada enam tahun lalu dan sampai sekarang masih terus ditonton dan dianggap sebagai salah satu iklan natal paling sentimentil. Saya masih terus terharu tiap kali menontonnya dari tahun ke tahun.

Iklan tersebut terinspirasi oleh peristiwa gencatan senjata antara tentara Inggris dan tentara Jerman di front Ypres, Belgia, dalam perang dunia pertama tahun 1914.

Pada malam natal, 24 Desember 1914, dari parit perlindungannya, para tentara Jerman menyanyikan lagu-lagu natal. Tak disangka, tentara Inggris pun ternyata tak mau kalah, mereka juga ikut menyanyikan lagu-lagu natal.

Suasana malam natal di medan tempur saat ini memang lebih kondusif ketimbang hati-hari sebelumnya. Beberapa perwira tingkat bawah dari kubu Inggris sudah memberi perintah agar tidak menembak prajurit Jerman kecuali jika ditembak lebih dahulu.

Esoknya tanggal 25 Desember 1914, para tentara Jerman keluar dari parit-parit mereka sambil melambaikan tangan untuk memberi sinyal bahwa mereka tidak berniat buruk. Hal tersebut kemudian juga diikuti oleh para prajurit Inggris yang juga ikut keluar dari parit mereka tanpa senjata.

Para prajurit dari dua kubu kemudian berhamburan. Mereka saling berpelukan, saling berkenalan, saling tukar hadiah. Mereka tertawa bersama, makan dan minum bersama, bernyanyi bersama, bahkan bermain bola bersama.

Wadah-wadah amunisi mereka pakai sebagai kursi untuk duduk melingkar dan saling menceritakan tentang keluarga mereka masing-masing.

Mereka juga bersama-sama menguburkan dengan layak kawan-kawan mereka yang gugur karena baku tembak antara dua kubu beberapa hari sebelumnya.

Mereka, sejenak melupakan perang. Mereka merayakan natal dengan kedamaian, yang walau hanya sementara.

Kelak, peristiwa tersebut kemudian dikenal dengan nama Christmas Truce.

Kini, di lokasi tempat terjadinya Chrismas Truce di Saint-Yves, Belgia, dibangun sebuah monumen berbentuk salib untuk mengenang sejarah perdamaian yang terjadi karena hari natal tersebut.

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: