Virus di Ruang AC Berbahaya

Oleh : Sudjoko

Air Sampling Covid 19.

Pada indoor air quality air sampling dipakai untuk mengukur kadar bahan kimia di udara Hasilnya dibandingkan dengan standar NAB. Jika kadar lebih, ventilasi diperbaiki Udara disedot dengan fan/blower selama 8 jam. Pompa udara (fan atau blower) dikalibrasi M3/detik.

Ada cartrige kertas saring atau Charcoal Kimia itu nyangkut di situ. Ditimbang atau dilarutkan, lalu disuntikkan ke gas chromatografi. Ketemu angkanya Bakteri, jamur dan virus bisa dilakukan dengan cara yang sama Covid bisa dikenal dengan diswab, periksa PCR.

Atau dibiak dan dihitung jumlah virusnya jadi viral loading. Jadi bisa diketahui ruangan mana di RS yang banyak virusnya. Jika mau dipasang UVC, ruangan itu bisa diperiksa virus sebelum dan sesudah dipasang UVC. Efektivitas UVC bisa diketahui. Prosedur ini cukup dilakukan sekali saja. Diasumsikan ruangan di RS akan selalu sama setiap saat. Sistem HVAC akan memutar udara dalam ruangan yang sedikit sekali tercampur udara luar Karena itu UVC dipasang dekat filter udara di AHU. Atau di taruh dalam ducting sistem AC Yakin Covid aerosol ikut terbang bersama udara.

Lidia (Morawska, red) membuktikan ini. Dengan cara ini udara perkantoran dapat disterilkan. Melalui cara serupa dapat dilakukan dalam bus, pesawat terbang, MRT, kereta rel dll.

Kemaren saya lihat jalan macet karena banyak yang mudik. Mereka menyebarkan virus jadi lebih luas Bencana tsunami virus sudah bisa diramalkan Sebelum mereka balik mengapa gedung, MRT, bus dll itu segera dilengkapi dengan UVC 222. Mumpung mereka belum masuk kerja. Upaya pencegahan Covid tak cukup dengan 3M dan 3T. Upaya itu akan sia2 karena tak ada satu viruspun yang dibunuh. Inovasi perlu dilakukan Ngatur orang susah sekali. Engineering control lebih mudah Seketat apapun polisi bekerja yang lolos pasti banyak.

Ayo saudara Kita masih berada di gelombang 1. Belum pernah nol. Hayo hayo.

Sudjoko, dokter ahli Kesehatan Kerja.

-0-

Bagaimana membasmi virus corona di ruangan ber-AC ?

Klik di : Puridis.com

Ilustrasi corona virus (Covid-19)
Virus Corona gentayangan di udara

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: