Situasi Timur Tengah Mei 2021

Dari WAG

Siapa dukung HAMAS. Siapa yang mendukung pembiayaan HAMAS? Itu adalah Qatar dan Turki. Namun atas kontrol dan arahan dari Israel. Jauh sebelumnya, yaitu tahun 1996 Peres berkunjung ke Qatar dalam rangka meresmikan biro perdagangan Israel yang baru di sana. Pada Januari 2007, di bulan-bulan terakhirnya sebagai wakil perdana menteri, mantan Presiden Shimon Peres melakukan kunjungan penting ke ibu kota Doha. Pada Januari 2008, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak bertemu dengan mantan Perdana Menteri Qatar Sheikh Abdullah bin Khalifa al-Thani di Swiss, di Forum Ekonomi Dunia.

Pada tahun yang sama, April 2008, Ehud Barak mengunjungi Qatar dalam rangka menghadiri konferensi. Pada kesempatan itu dia bertemu dengan Emir, Perdana Menteri dan Menteri Minyak dan Gas. Adanya pembicaraan diam-diam sejauh ini dirahasiakan oleh Israel. Ya. Israel menggunakan Mosad untuk kontak Qatar dalam membantu pembiayaan HAMAS. Ketika Hamas tidak ada uang untuk bayar hutang yang jatuh tempo Agustus tahun lalu, Mosad terlibat langsung menjamin hutang itu. Darimana jaminan itu? Qatar jadi gateway pencucian uang yang dikendalikan oleh Mosad.

Dalam rangka menjaga posisi HAMAS sebagai penyeimbang FATAH, walau semua negara Arab mendukung Fatah dan cuekin HAMAS, namun Qatar tetap konsisten membela HAMAS, dan artinya penyelesaian solusi Two State tidak akan terlaksana. Kemerdekaan Palestina hanya cerita yang tak berujung. Mengapa Qatar butuh Israel ? karena dia ogah didikte oleh Arab Saudi dalam konflik dengan Iran. Dan dekat dengan Israel itu lebih aman. Walau Israel tidak pernah akur secara politik dengan Iran namun mereka berdua tidak pernah saling serang. Bagaimana dengan Turki ? Lucunya, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengajak dunia mengambil tindakan untuk membela Palestina melawan Israel. Ucapan Erdogan muncul di tengah meroketnya hubungan dagang Turki-Israel. Berdasarkan data Trading Economics, Kamis (13/5/2021), ekspor Turki ke Israel pada Maret 2021 meningkat. Angka itu sangatlah fantastis dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Faktanya, Israel adalah salah satu dari 10 pasar ekspor terpenting untuk produk Turki secara global. Bersama Qatar, Turki kerjsama dengan Israel dalam beberapa proyek pipa Migas, block migas di Suriah. Yang sekarang masih postpone. Israel menggunakan Turki untuk menyalurkan dana kemanusiaan ke Gaza. Bagi Erdogan menjalin hubungan ekonomi dengan Israel jauh lebih baik sebagai cara menghadapi tekanan dari Rusia. Disisi lain, Turki bisa gunakan Israel untuk meloby washington untuk dapatkan pinjaman dollar mengatasi defisit anggaran. Sikap Erdogan yang dipublikasi seakan membela Palestina, tak lain hanya untuk ambisinya jadi pemimpin negara negara islam dunia dan menarik dukungan politik dalam negeri ditengah krisis ekonomi melanda. Dah gitu aja.Di tengah perebutan geostrategis di Timur Tengah antara AS, Rusia, China. Siapa yang pro salah satu pihak diantara tiga negara besar ya dapat cuan. Setidaknya aman dari segala rekayasa politik yang akan menimbulkan ketidak stabilan dalam negeri

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: