Saya Pakai Masker kok Ketularan Juga


Yang biasa pakai masker adalah dokter bedah. Tujuannya supaya air liur dokter tidak nyiprat ke pasien yang lagi dioperasi. Melindungi pasien. Masker ini tidak bisa dipakai untuk Covid. Perlindungannya satu arah.
Masker Covid harus melindungi pemakai dari virus di luar dan melindungi orang luar dari virus yang ada pada pemakai. Baik OTG atau bukan. Perlindungan dua arah.
Normal kita bernapas tanpa masker. Jika pakai akan terasa sesak dan pengap. Artinya kita bernapas abnormal. Jadi masker harus dibuat agar kita tetap bisa bernapas dan virus tersaring. Jadi setiap masker yang dibuat baik di pabrik atau di rumahan harus ditest dulu sebelum dipakai. Test napas dan test saring.
Ada test sederhana. Karena virus itu halus sekali test saring sukar dilakukan Bisa dicoba nyaring tepung. Mestinya tepung tidak lolos karena virus lebih halus dari tepung. Test napas bisa dengan pakai masker laku tiup lilin menyala 15 cm di depan mulut. Jika lilin mati test napas berhasil.
Masker minimal 3 lapis. Lapis paling luar dari bahan yang kedap air, misalnya poliester. Bisa ditest dengan meneteskan air. Air tidak menempel ke kain dan air itu meluncur jatuh ke lantai
Lapisan tengah dari polipropelene. Bahan ini sering dipakai untuk kantong belanja di minimarket. Bahan ini punya kemampuan elektro statik yang bisa ikat virus. Untuk ngetesnya ambil korek matches nyalakan. Bakar bahan itu. Tidak terbakar tetapi meleleh.
Lapisan terdalam gunakan kain katun biasa. Dari kapas yang ngisap air Tetesin air akan terserap.
Masker ini bisa dicuci berulang sampai 4 kali. Jangan disetrika polipropelene akan lumer. Rendam dalam larutan chlorine 30 ml dalam 2 liter air.
Masker paling bagus menyaring 95% virus. Ada 5% yang masih lolos. Itu yang sebabkan pengguna masker masih ketularan Apalagi maskernya jelek. Penggunaan masker harus disertai jaga jarak hindari kerumunan dan rumah sakit Perlindungan berlapis.
Pakai masker terus, jaga jarak, cuci tangan semoga anda tetap sehat dan bebas covid.

Sudjoko (dokter occup health).-

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: