Testimoni Alat Anti Covid-19

[19:07, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Terima kasih Prof Raldi
UV nya berguna sekali di ruang operasi
[19:13, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Pa kabar Prof?
[19:13, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Apa
[19:13, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Smg sehat trs. Banyak yg butuh Prof Raldi 😁
[19:15, 26/11/2020] Raldi A K: Ya pastilah… Kan itu teknologi kuno yg sdh dipakai 30 tahun di RS. Tapi dulu blm jaman Kopit2an, jadi orang gak sadar ttg kemanfaatannya… Btw bikinin testimoni lagi dong ttg lampu ruang operasi ini..
[19:16, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Ya ini di copas 😁
[19:16, 26/11/2020] Raldi A K: Kami sebut lampu MRD Movable Room Decontaminant…ditunggu ya…
[19:17, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Syaaaappp
[19:17, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Nanti kita sebut 3M
[19:18, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Murah Meriah Manfaat heheheh…. Sy lupa harganya brp ya kl mau tambah lagi
[19:18, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Bercanda Prof
[19:18, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Ini tampak Mewah Keren 👍👍👍
[19:22, 26/11/2020] Raldi A K: Ah jangan sebut harga… Krn utk RSKGM itu spesial banget, harga itu hanya utk KLIEN PERDANA kami… hiq hiq…
[19:27, 26/11/2020] Yetty RSKGM: Siyaaaaappp

Tim ACOVUS-UI Anti Corona Virus, membuat beberapa peralatan pembasmi virus yang menyebar melalui Aerosol. Diantaranya PURIDIS (Purifier and Disinfection), membersihkan udara ruangan sekaligus membunuh virus yang gentayangan diudara haya dalam waktu singkat. Digunakan di Rumah Sakit dan Klinik untuk melindungi para dokter dan semua Tenaga Kesehatan. Kami prihatin melihat para dokter dan Nakes berguguran, kami tergerak untuk melindungi garda depan kita dalam menangani Covid-19 di tanah air kita.

Teknopreneur Produk Jenial

Apa sih produk jenial ? Yaitu produk yang murah, bermanfaat dan bisa menolong golongan menengah kebawah. Lalu bagaimana caranya membuat produk jenial ?

Mau tahu jawabannya ? Ikuti webinar TECHNOPRENEUR dan tantangan awal pada :

Hari, tanggal : Selasa, 17 November 2020
Waktu : 10.00 – 12.00 WIB
Tempat : ZOOM – Link akan dikirim pada pendaftar

Narasumber : Prof. Raldi Artono Koestoer
(Dosen Teknik Mesin FTUI)

Narasumber : Ibnu Roihan ST.MT.
(Tim Inkubator)
Narasumber : Arbi Riantono ST.(Tim ACOVUS UI)

Moderator : Goldy Tanjung Wijaya,ST
(CTO eGrad.id)

Acara nya GRATIS , tapi ada biaya Rp 16.000 jika ingin mendapatkan certificate. Daftar sekarang disini, klik link👇👇
http://egrad.id/daftarevent
http://egrad.id/daftarevent
http://egrad.id/daftarevent

P.S.
Daripada lupa, sebaiknya DAFTAR SEKARANG JUGA karena akan ada e-mail reminder dari eGrad , 24 jam dan 2 jam sebelum acara.

Kata-kata GusDur Yang Penuh Makna

Berikut adalah kata-kata bijak gusdur yang bertujuan untuk mengingatkan umat manusia, khususnya mengingatkan masayarakat Indonesia.

  1. “Orang yang masih terganggu dengan hinaan dan pujian manusia, dia masih hamba yang amatiran.”
  2. “Allah itu maha besar. Ia tidak memerlukan pembuktian akan kebesaran-Nya. Ia Maha Besar karena Ia ada. Apapun yang diperbuat orang atas diri-Nya, sama sekali tidak ada pengaruhnya atas wujud-Nya dan atas kekuasaan-Nya.”
  3. “Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak Tanya apa agamamu.”
  4. “Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin tinggi toleransinya.”
  5. “Agama mengajarkan pesan-pesan damai dan ekstremis memutarbalikannya. Kita butuh Islam ramah, bukan Islam marah.”
  6. “Perbedaan itu fitrah. Dan ia harus diletakkan dalam prinsip kemanusiaan universal.”
  7. “Islam itu datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya Arab. Bukan untuk ‘aku’ menjadi ‘ana’, ‘sampeyan’ jadi ‘antum’, ‘sedulur’ jadi ‘akhi’. Kita pertahankan milik kita. Kita harus serap ajarannya, bukan budaya Arabnya.”
  8. “Islam di Indonesia itu timbul dari basis kebudayaan. Jika itu dihilangkan, maka kemungkinannya ada dua, yaitu pertama kebudayaan akan mati, kedua Islam akan hancur. Pesan saya, jadilah pemikir yang sehat.”
  9. “berkat perbedaan, semuanya jadi terang benderang.”
  10. “Dari sudut agama, saya ingin mengingatkan, agar ketidaksenangan kita terhadap seseorang atau suatu kaum jangan sampai menyebabkan kita berlaku tidak adil dalam memutuskan sesuatu.”
  11. “Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya. Merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya.”
  12. “Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa adanya perbedaan.”
  13. “Esensi Islam tidak terletak pada pakaian yang dikenakan, melainkan pada kahlak yang dilaksanakan.”
  14. “Rentenir memang melakukan kerja manipulatif, karena ia mengambil keuntungan dari penderitaan orang lain. Sementara Tuhan tidak memanipulasikan apa-apa. Yang diberikan-Nya hanyalah kehidupan itu sendiri. Terserah mau diapakan oleh manusia, dijadikan ajang pengrusakan, atau lahan untuk penyejahteraan hidup.”
  15. “Jika kita merasa muslim terhormat, maka kita akan berpuasa dengan menghormati orang yang tidak berpuasa.”
  16. “Jika kamu membenci orang karena dia tidak bisa membaca Al-Quran, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tapi Al-Quran. Jika kamu memusuhi orang yang berbeda agama dengan kamu, berarti yang kamu pertuhankan itu bukan Allah, tapi Agama. Jika kamu menjauhi orang yang melanggar moral, berarti yang kamu pertuhankan bukan Allah, tapi moral. Pertuhankanlah Allah, bukan yang lainnya. Dan pembuktian bahwa kamu mempertuhaknkan Allah, kamu harus menerima semua makhluk. Karena begitulah Allah.”
  17. “Memaafkan tidak akan mengubah masa lalu, tetapi memberi ruang besar untuk masa depan.”
  18. “Sebenar apapun tingkahmu, sebaik apapun perilaku hidupmu, kebencian dari manusia itu pasti ada. Jadi jangan terlalu diambil pusing. Terus saja jalan.”
  19. “Perbedaan dalam berbagai hal termasuk aliran dan agama, sebaiknya diterima karena itu bukan sesuatu masalah.”
  20. “Tuhan tidak perlu dibela, Dia sudah maha segalanya. Belalah mereka yang diperlakukan tidak adil.”
  21. “Bukalah hatimu dan bertindaklah dengan jujur.”
  22. “Mestinya yang merayakan hari natal bukan hanya umat Kristen, melainkan juga umat Islam dan umat beragama lain, bahkan seluruh umat manusia. Sebab, Yesus Kristus atau Isa Al-Masih adalah juru selamat seluruh umat manusia, bukan juru selamat umat Kristen saja.”
  23. “Saya sudah pernah bilang, mereka itu masih seperti anak TK. Buktinya girang banget ketemu sama si Donald.”
  24. “Sebuah masyarakat tanpa spritualitas hanyalah akan berujung pada penindasan, ketidakadilan, pemerasan, dan perkosaan, atas hak-hak Asasi warganya.”
  25. “Negeri ini paling kaya di dunia tapi sekarang negeri ini menjadi melarat karena para koruptor tidak ditindak dengan tegas.”
  26. “Humor tidak bisa menjatuhkan pemerintah. Tetapi humor bisa membantu membusukkan suatu rezim.”
  27. “Tragedi BOM Bali yang terjadi di ambang Ramadhan adalah sebuah teguran Ilahi tentang berjangkitnya epidemi perilaku iblis di kalangan masyarakat yang semakin hari semakin sering melakukan kekerasan.”
  28. “Saya tidak peduli, mau popularitas saya hancur, difitnah, dicaci maki, atau dituduh apapun. Tapi bangsa dan negara ini harus diselamatkan dari perpecahan.”
  29. “Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan, Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita berharga.”
  30. “Kepemimpian yang baik dapat membawa hasil yang baik tanpa banyak menumpahkan darah.”
  31. “Tidak ada jabatan di dunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian.”
  32. “Marilah kita bangun bangsa dan kita hindarkan pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah esensi tugas kesejarahan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali.”

Demikianlah beberapa kata-kata penuh makna Gusdur tentang agama ataupun tentang negara. Hingga saat ini kata-kata Gusdur masih selalu diingat dan dikenang dalam hati masyarakat Indonesia.

Al Fatihah….

kyai

ulamanusantara

aswaja

gusdur

gusdurian

Untung Nabinya Bukan Antum

UNTUNG
NABINYA BUKAN ANTUM

( Oleh : Gus Mus )

Beruntung sekali kita dijadikan ummat
Nabi Muhammad SAW.
Nabi yang Rouuf,
Nabi yang Rohiim.
Nabi yang punya misi rahmatan lil ‘alamin.
Nabi yang punya prinsip

” Buat Mudah jangan buat sulit!”.
“Gembirakan jangan kau takut-takuti”.
“Dekati! Jangan buat lari!”.
“Yassiru wa laa Tu’assiruu!”,
“Bassyiru wa laa tundziru!” ….

Tak bisa dibayangkan jika
Nabinya adalah golongan yang punya kebiasaan unik tapi sangat tidak menarik,

Yaitu :
MEMBID’AH – BID’AHKAN, menyesat-nyesatkan bahkan mengkafir-kafirkan saudaranya sendiri.

Coba lihatlah bagaimana Rosululloh SAW memberikan contoh dalam menyikapi hal-hal baru yang tidak beliau ajarkan secara khusus.

Semua ini, hal-hal baru ini
terjadi di zaman Rasululloh SAW. Antara lain:

Pertama;

Bilal bin Robah setiap kali hadats beliau langsung bersuci. Bilal juga selalu sholat dua roka’at setiap selesai wudlu dan sehabis adzan.

Hal ini beliau lakukan berdasarkan
pemikiran beliau sendiri, inisiatifnya sendiri.
Tidak ada petunjuk khusus dari Rosululloh SAW

Lalu bagaimanakah respon Rosululloh SAW ? apakah Rosululloh berkata : “Hai Bilal engkau telah membuat kreasi sendiri dalam ibadah.

Engkau telah berbuat BID’AH !
Engkau telah SESAT ! Nerakalah tempatmu!”. Apakah Rosululloh SAW berkata seperti itu?.

Sama sekali TIDAK,
Bahkan Rosululloh SAW memuji Bilal,
“Engkau mendahuluiku ke surga wahai Bilal !!!”

(diriwayatkan oleh ;
Atturmudzi di dalam sunan, al-Hakim dalam
al-Mustadrok, al-Bayhaqi dalam Syu’abul iman)

Kedua;

Dalam sebuah kisah yang penuh
dengan patriotisme, Khubaib bin Adi al-Anshori melakukan sholat dua rokaat sebelum dibunuh oleh orang-orang qurays, hingga akhirnya kematian syahid menjemputnya ditiang salib.

Sholat yang dilakukan oleh
Khubaib bin Adi ini kemudian menjadi
tradisi yang dilakukan oleh para sahabat
yang dengan tabah menerima kematian oleh kekejaman orang-orang kafir.

(silahkan lihat al-mu’jamul kabir atthabrani, juga diriwayatkan al-Bukhori dan Ahmad)

Sholat dua roka’at yang dilakukan
oleh Khubaib muncul dari inisiatifnya sendiri, karena beliau beranggapan sholat adalah ibadah yang paling utama dan mulia. Beliau ingin akhir hayatnya ditutup dengan sholat.

Rasululloh SAW tidak pernah memberi
petunjuk khusus mengenai hal itu, misalnya Rasululloh SAW memerintahkan “Sholatlah dua roka’at sebelum engkau di bunuh oleh orang-orang kafir!”.

Tidak! ….
Nabi SAW tidak mengajarkannya.
Lalu apakah Rasululloh SAW kemudian
berkata seperti perkataan orang WAHABI Apakah Nabi SAW menyesatkan Khubaib sebagaimana wahabi menyesatkan saudarax sendiri..!!

Apakah setelah Nabi
mengetahui apa yang dilakukan oleh
Khubaib kemudian beliau berkata “Khubaib telah sesat, ia telah berbuat bid’ah!” …..

tidak! Sekali lagi Tidak! ….
Beruntung sekali Khubaib Bin Adi,

Ketiga;

Salah seorang sahabat anshor yang
menjadi imam di masjid Quba’, setiap kali selesai membaca surat al-fatihah beliau pasti membaca surat al-ikhlas, baru kemudian beliau membaca surat yang lain.

Jadi surat apapun yang
Ia baca dalam sholat pasti
didahului dengan membaca surat al-ikhlas.
Hingga berita ini sampai kepada Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW bertanya
kepada sahabat yang menjadi imam itu,
Apa yang mencegahmu memenuhi permintaan teman-temanmu?, apa yang mendorongmu membaca surat al-ikhlas itu setiap raka’at?”.

Sahabat itu menjawab,
“Sungguh aku mencintai surat itu”.
Lalu Nabi SAW berkata, “Apa yang kau cintai akan membawamu ke surga”.

(lihat fathul Bari al-Hafidh ibnu Hajar
dalam bab al-jam’u baina suratain fir rok’ati)

Masya Allah …inilah Nabi kita.

Lihatlah!!! …..
Apakah Nabi langsung melotot ,
sambil teriak, “SESAT KAU!!”, “BID’AH KAU!”, “Engkau telah membuat hal-hal baru dalam agama, engkau melakukan sesuatu yang tidak aku contohkan, yang tidak aku ajarkan!!!”

Tidak..seklli lagi Tidak..
bahkan Nabi SAW berkata, “Apa
yang kau cintai akan membawamu ke surga”.

Keempat;

Qotadah bin Nu’man,
sebagaimana diceritakan al-Hafidh ibn Hajar, setiap malam beliau menghabiskan malamnya dengan mengulang-ulang surat al-ikhlas di dalam sholat hingga masuk waktu subuh.

Hal ini kemudian dilaporkan kepada
Nabi. Dan bagaimanakah tangapan Nabi?
Apakah Nabi akan merespon seperti ANDA? . Apakah Nabi mengatakan “jika itu baik pasti aku lebih dulu mengerjakannya”.

Apakah Nabi berkata, “Engkau melakukan ibadah tanpa contoh dariku! Ibadahmu sia-sia! Bid’ah Kau! Sesat kau! …. TIDAK !!! sekali lagi TIDAK !!!.

Malah sebaliknya Rasulullah SAW
dengan lembut dan motivasi yang tinggi
beliau berkata ” Demi Dzat yang jiwaku berada dalam genggamannya, surat al-Ikhlash itu sebanding dengan sepertiga al-Qur’an”.

beruntung sekali sahabat Qotadah bin Nu’man

Kelima;

Yang ini bahkan hingga
sekarang kita lakukan dan dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali org Wahabi yang hobi membid’ahkan.

Sebelum peristiwa ini terjadi,
ketika para sahabat ketinggalan
jama’ah, mereka akan bertanya sudah raka’at keberapakah Nabi ?, kemudian mereka akan takbir dan melakukan gerakan-gerakan yang tertinggal hingga ketika sudah sama gerakan dan raka’atnya baru mereka mengikuti gerakan imam.
Sehingga jama’ah terlihat kurang teratur.

Ada yang masih berdiri,
ada yang masih ruku’,
ada yang sujud,
dan lain sebagainya.
Hingga suatu hari datanglah
Mu’adz bin Jabal yang terlambat jama’ah.

(diriwayatkan oleh
imam Ahmad dan Abu Dawud)

Mu’adz bin jabal
langsung mengikuti gerakan Nabi,
dan setelah salam beliau menambah raka’at yang tertinggal.

Hal ini ia lakukan semata-mata
karena kecintaannya pada Rasulullah SAW. Beliau tidak mau ketinggalan lebih banyak lagi, beliau ingin gerakannya sama dengan gerakan imam dalam hal ini Rasulullah SAW.

Lalu bagaimanakah Rasulullah SAW
menyikapi tindakan Mu’adz bin Jabal tersebut, yang sama sekali belum pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Bahkan berbeda dengan
sahabat-sahabat yang lain.
Apakah Nabi SAW mengatakan seperti perkataan Wahabi, “

Engkau melakukan
Ibadah menurut kreasimu sendiri!
Ibadahmu sia-sia! Bid’ah Kau! Sesat kau! ….

TIDAK !!! sekali lagi TIDAK !!!

bahkan Rasulullah SAW kemudian
berkata, ” sesungguhnya Mu’adz telah membuat satu jalan (cara) baru untuk kalian,
lakukanlah seperti yang dilakukan oleh Mu’adz.

Dan sampai sekarang kita melakukan
apa yang dilakukan oleh Mu’adz bin Jabal.

ALHAMDULILLAH

Beruntung sekali Mu’adz Bin Jabal
karena disetiap gerakan yang dilakukan
oleh makmum masbuq mulai saat itu hingga hari qiyamat, Mu’adz bin Jabal mendapat bagian pahalanya, karena ia lah yang memulai cara yang baik itu.

sebenarnya masih banyak sekali
ibadah2 yang tidak di ajarkan sama
Nabi tapi tidak menyimpang dari Ajaran Nabi.

Wallahu a’lam

Bayi Prematur yang ke 8

Oleh : El Candra

Candra menandai Anda dan Ibnu ‘Rehan’ Roihan dalam postingan: “Si 2 DARI 8 Dering HP ku terdengar, aku lihat layar hp…ternyata no baru, belum tersimpan sebelumnya… aku angkat dan mengucapkan salam…tapi dari sisi lain tidak terdengar respon …hanya hening dan terdengar hela-an nafas saja. Setelah beberapa kali aku mengucapkan kata “halo”…tetap tidak ada respon. Akhirnya aku matikan sambungan telpon nya. Satu menit kemudian…terdengar lagi dering HP ku…masih dari no yg sama, dan kembali aku mengucapkan salam…terulang lagi kejadian yg sama..tanpa respon. Dalam hati aku langsung menyimpulkan bahwa kejadian ini persis kejadian telpon2 yg sama yg sering aku alami bila no telponnya belum ada di list kontak ku…dan aku sudah paham, biasanya kalau telpon seperti ini berasal dari orang tua bayi prematur yg bermaksud ingin meminjam inkubator. Tanpa menunggu respon apapun dari penelpon aku langsung saja membuka pembicaraan terlebih dulu ” Maaf …apakah jenengan ingin meminjam inkubator utk bayi prematur ?…langsung ada jawaban dari si penelpon “…njih..kulo…” (maaf kelanjutannya aku tidak bisa menuliskannya krn diucapkan dalam bahasa jawa yg kental)…bahkan dibeberapa kalimat aku masih belum mampu utk menterjemahkannya. Tapi aku bisa menangkap maksud nya …dia mau “menyewa” inkubator utk anaknya yg prematur krn kata dokternya anaknya baru diperbolehkan pulang kerumah apabila dia bisa menyiapkan alat inkubator. Lalu aku pun menyampaikan ke dia bahwa kami tidak menyewakan inkubator, tapi kami meminjamkannya (tentunya aku sampaikan dlm bahasa Indonesia dan aku kurang tahu apakah dia mengerti). Akhirnya dia bersedia utk datang ke rumahku mengambil inkubator nya, setibanya dia di rumahku ditemani oleh tetangganya yg punya mobil…dia pun menjelaskan kepada ku bahwa dia tinggal di daerah Klaten tapi bukan di kotanya tapi di daerah Wedi. Dengan dibantu oleh tetangganya dia menanyakan apa saja persyaratan utk “menyewa” inkubator dan berapa harganya ?…dan sekali lagi aku sampaikan bahwa kami tidak menyewakan tapi meminjamkan…terlihat raut wajah yg penuh rasa syukur saat tetangganya menyampaikan kalau inkubatornya di pinjamkan secara gratis…lalu dia pun bercerita bahwa isterinya itu sudah 8 kali melahirkan dan semua anaknya lahir dengan prematur, anak pertama mereka hanya berumur beberapa hari saja setelah pulang ke rumah krn memang setelah dirumah mereka kurang tahu bagaimana harus menjaga kehangatan utk bayi prematur nya, anak kedua juga prematur dan berhasil selamat saat bayi tapi saat umur 6 tahun meninggal dunia menjadi korban gempa tahun 2006, lalu 5 anak lain nya yg lahir setelah itu hanya satu saja yg masih hidup sampai saat ini krn yg lainnya juga meninggal krn prematur, saat ini dia diberkahi anak yg ke 8 yg baru lahir dan kondisinya prematur juga dengan berat 1.9 kg. Aku bisa memahami betapa dia terlihat bersyukurnya saat bisa mendapat pinjaman alat inkubator ini…semoga ALLAH memberikan umur yg panjang kepada anak ini …aamiin. EL Candra Relawan peminjaman inkubator gratis”. Anda dapat memilih untuk menambahkannya ke linimasa Anda.

Kenangan HS dan Embun

Bener… Jadi dulu waktu istrinya HS (Hermas Sucipto) mempertahankan disertasinya dibidang ilmu FIlsafat, saya hadir dan disebelah HS saya membaca ringkasan disertasi itu. Kemudian saya manggut-manggutlah tanda mengerti akan isinya yang berkisar tentang Filsafat Pendidikan. HS ngeliatin saya dan terheran-heran, lantas dia bilang ‘Koq lo ngerti sih… Gue sama sekali gak faham blas tentang apa yg ditulis bini gue ?’. Lantas saya cerita kalo dulu th 99 sy pernah selama 1,5 tahun kuliah di Filsafat UI dan belajar banyak tentang Dasar-dasar Filsafat Barat. Lalu ttg Filsafat pendidikan ini adalah karena saya lama dibidang pendidikan dan merasakan arti dari apa yg ditulis oleh istrinya HS ini. Setelah prosesi yg dipimpin Prof Riris dari FIB itu selesai. Dikasilah saya buku kumpulan puisi karya ibu Embun ini. Mungkin ada kira2 50 an puisinya. Dan benar seperti apa yang disampaikan sahabat kita om Pratikno (satu-satunya ahli Pendingin yang masih disayang Allah). Beberapa puisinya dulu dinyanyikan oleh Bimbo dan Franky and Jane. Mas Muchson tahu sekali nih ttg F&J ini. BTW HS sendiri adalah satu dari 2 orang yang sebut paling pinter di dunia (Habibi aja kalah)… Kenapa ? Apa istimewanya si HS ini ? — Jadi alkisah tahun 70 sekian didalam kelas itu dulu kami berjumlah 30 an kali ya ? Saya duduk di tengah, kenapa saya duduk ditengah… Karena takut ditanya-tanya ama dosennya, nah sebaliknya si Pinter 1 (Mr XYZ, 3 huruf), duduknya di depan. Wajar dong kan orang pinter PD, jadi beliau sudah yakin kalau ditanya dosen pasti bisa jawab (emang dosennya ini suka nanya-nanya sepanjang kuliah yg 75% nya bah Ing). Sebaliknya HS duduk paling belakang mentok tembok. Antara HS dan XYZ itu diagonal kelas, nah saya persis di titik tengah. Begitulah setiap kali dosen nanya, maka bersahut-sahutanlah jawaban dari 2 orang pinter yg duduk bersilangan ini. Sedangkan saya yg duduk ditengah cuman bengong aja. Jangankan untuk menjawab, bahkan pertanyaannya itu saja saya tidak mengerti, bah Inggris soalnya, jadi bgmn saya mau menjawab. Demikianlah kisahnya terpeta terus di kepala saya shg buat saya orang pinter itu ya hanya 2 orang itu. Satu teman saya HS sudah almarhum, dan saya ini follower-nya kalo dulu saya jadi IMM-FTUI, maka HS ini wakilnya dan kemana-mana saya dibonceng montornya. Kemudian saya juga jadi follower XYZ krn dulu skripsi bareng jadi pergi kemanapun saya dibonceng montornya juga. Kenyataannya dalam ide dan mind-set juga saya adalah follower mereka. Semoga HS mendapat tempat yang indah di sisi Allah SWT (saya terharu…). Lalu siapa XYZ, coba tebak ? BTW yang tidak pernah saya lupa pernyataan HS ttg istrinya ibu Embun ini, begini: – Kalo kita punya sepatu yg udah lama kita pakai, maka…makin hari kita pakai rasanya MAKIN ENAK – …. Duh…Luarbiasa gak tuh… Tumben saya nulis panjang ini. Kenangan HS lah pokoknya….

-0-

Embun Kenyowati Ekosiwi

Sempat ngajar Apresiasi Seni di Arsitektur FTUI dari 2010-2015, terus menguji skripsi sampai 2017. Skrg msh ngajar S3 Fasilkom utk Filsafat Ilmu. Beberapa kumpulan puisinya sudah ajdi buku, salah satu sajaknya dijadikan lagu oleh Franky and Jane, Pemetik Daun Jati. Istri dari Alm MNHS (Muh Nurdin Hermas Sucipto, teman dekat saya waktu mhs, dipanggil HS saja). Satu dari 2 orang yg saya anggap paling pintar di dunia. Berikut saya cuplik dari blog saya: —-Jadi dulu waktu istrinya HS (Hermas Sucipto) ibu Embun, …. dst.

PLTSa Pemb Listrik Tenaga Sampah

Oleh: Notoherubowo

[21:16, 19/10/2020] Notoherubowo:

Problematikanya

Di tempat PLTSa itu ada dua entity terpisah.
Satu urus TPA itu dasarnya anggaran pemda, satu lagi urus TPSa itu menghasilkan/jualan listrik.
B.bakar plastik klo gak dipilah dari awal ya campur aduk dgn biomass, pdhal biomass itu bisa memproses sendiri panasnya dari reaksi fermentasi sampah. Plastik ini mrnghambat proses fermentasi u/ menghasilkan syngas atau pelet.
Syngas selanjutnya dialirkan ke mesin PLTMG atau PLTD DF, klo produk pelet u b bakar PLTU.
Prinsip fermentasi sama dengan kotoran sapi dlm digester membentuk gas methan.
[21:48, 19/10/2020] Notoherubowo: Nah akhirnya di TPA, perlu orang2 u memilah plastik secara manual, yg perlu dibiayai pemda.
U memindah sampah dari TPA ke hopper/conveyor milik TPSa perlu sejumlah truck n loader, ujungnya perlu BBM dan gaji operator dan mekanik.
Pada prinsipnya pembangkit terdiri dari A capital recovery (harga peralatan mesin proses sampah)
B fixed OM cost (Operation and Maintenance).
C fuel cost
D variable OM cost
Srhingga harga jual listrik A+B+C+D dan disepakati.
Dlm hitungan diatas harga C adalah zero krn gratis, tapi kenyataanya tidak, krn ada b bakar truck n loader n sejumlah operator n mekanik maintenance.
Selain issue diatas, juga siapa yg menggaji orang pemilah sampah, apakah pemda (TPA) atau perush PLTSa.
Ini yg belum clear antara dua entity tadi.

-0-

Ya pak, klo sampah memang gratis tapi ada biaya angkut dan angkat.
Ditingkat RT aja, hrs bayar Rp 3jt/bulan per-RT.
Setelah kita pergi ke TPA Tangsel yg ditunjuk, ternyata lahannya dikuasai dua LSM (gantian menagih), pergi ke TPA DKI , hanya satu kali bayar n tol, akibatnya transport jadi nambah.
Kembali soal disiplin pemilahan, klo sampah rumah/kantor/pabrik sdh dipilah plastik/kaca/kaleng itu mudah proses recycle.
PLTSa dgn b bakar sampah pasar n dapur, gak perlu boiler, krn b bakar itu punya panas inherent akibat fermentasi, itu yg hasilkan syngas (metana) atau pellet klo mau dilewatkan satu proses lagi.
Prinsipbya PLTSa itu ada 3 produk, syngas atau biogas, pellet, landfill (sebetulnya sampah dari PLTSa)
Dari 4 IPP PLTsa di Indonesia, kok ya teknologi proses slalu dari Jerman tmsk permesinannya (semacam patent), shg mereka yg kerjakan smua desain permesinan proses.
Kelihatannya ini gabungan keahlian biokimia- mesin-listrik.

-0-

Diambil dari WAG.-

Webinar Inkubator Gratis 281020

Peminjaman Inkubator Gratis Untuk Seluruh Nusantara – WEBINAR

Beginilah kisah getir dari salah seorang ibu bayi prematur. Dengan nada pilu, ia bercerita mahalnya biaya perawatan (ruang NICU) di rumah sakit yang seharinya bisa mencapai 2-10 juta rupiah.

Sementara BPJS dalam banyak kasus belum tentu bisa dipakai. Ia pun memutuskan membawa pulang bayinya, dan merawatnya di rumah. Dan sang bayi akhirnya meninggal dalam keadaan kedinginan karena mengalami hipotermia.

Berbekal kemampuan memproduksi inkubator bayi yang merupakan hasil R & D di Heat Transfer Laboratory FTUI, kami berinisiatif untuk menolong mereka, kami menginisiasi kegiatan Peminjaman Gratis Inkubator dan Lampu Fototerapi untuk Nusantara. Tujuannya sedari awal adalah menolong bayi prematur/BBLR yang mengalami hipotermia serta menolong keluarga gol menengah-bawah dari krisis finansial yang berat.

Hingga saat ini, kami telah menolong lebih dari 3000 bayi. Dan kegiatan pengamalan kemanusiaan ini pun sudah tersebar di 22 propinsi serta 103 kota / kabupaten seluruh Indonesia.

Simak kisah kami selengkapnya dalam webinar yang diselenggarakan pada:

Hari dan Tanggal: Rabu, 28 Oktober 2020
Waktu: Pukul 10:00 s/d 12:00 WIB, oleh Prof Raldi Artono Koestoer, dengan Moderator Juan Karnadi ST.

Paparan online ini GRATIS dan apabila memerlukan E-sertifikat ada biaya sebesar Rp 25.000.-

Daftarkan diri Anda segera. Klik link berikut ini:

https://s.id/inkubatorgratis

https://s.id/inkubatorgratis

Penyelenggara: YABAPI (Yayasan Bayi Prematur Indonesia) dan Tim Inkubator UI.-

[COMPANY_FULL_ADDRESS] [UNSUBSCRIBE_URL]

Masa Depan Mobil Listrik di Indonesia

Sebenarnya…, kenapa ada sebagian rakyat yang demo….?

Sebagian rakyat itu demo…, karena mereka tidak percaya sama pemerintah.

Kenapa merekatidak percaya….?

Karena mereka tidak tahu apa yang sedang dikerjakan pemerintah.

Mungkin banyak di antara kita yang tidak tahu…, apa yang diam-diam dikerjakan oleh Pak Jokowi….?

Saat ini Arab Saudi lagi sadar…, bahwa minyak bumi mau habis…, sehingga Putra Mahkota nya diperintah untuk diplomasi kemana-mana…, dan membangun investasi di negara lain.

Pemerintah kita juga sadar…, bahwa masa depan dunia ini bukan lagi minyak bumi…, tapi nikel.

China sudah memiliki teknologi…., dan secara masive memproduksi Mobil Listrik.

Uni Eropa tak mau kalah…, mereka telah lebih dulu memproduksi Mobil Listrik dan memperkenalkan ke ujung dunia.

Namun mendadak Uni Eropa marah…, karena Jokowi melalui PERMEN No 11 tahun 2019 melakukan penghentian ekspor bahan mentah bijih nikel ke Eropa.

Uni Eropa menggugat Jokowi ke WTO…, karena larangan ekspor ini.

Dan jokowi menjawab…:

“Indonesia tidak lagi ekspor bijih nikel…, Indonesia akan membangun sendiri pabrik baterai untuk bahan bakar mobil listrik….”.

Apakah kita tahu cerita ini….?

Tentunya tidak semua dari kita tahu cerita ini.

Apakah Jokowi cuma membual….?

Tentu tidak…, Jokowi tidak ada ‘potongan’ sebagai pembual.

PT Vale Indonesia…; adalah perusahaan pertama yang melaksanakan Kontrak Karya penambangan bijih nikel pada tahun 2014…, dan perusahaan tambang ini 58% sahamnya adalah milik perusahaan yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Artinya apa….?

Perusahaan Nikel terbesar ini…., dikelola oleh bangsa sendiri.

Dan masih banyak lagi perusahaan nikel lain…, yang berkonsep Kontrak Karya tersebar di Sulawesi.

Pembangunan perusahaan nikel ini…, amat masif di periode pertama pemerintahan Jokowi.

Apakah kita tahu itu….?

Dahulu…., Indonesia selalu mengekspor bijih nikel mentah ke Uni Eropa.

Uni Eropa sangat senang…., karena bisa membeli bahan baku baterai dengan sangat murah dari Indonesia.

Apa gunanya Eropa mampu memproduksi mobil listrik…., jika tidak punya bahan baterainya….?

Nah…., sekarang bayangkan juga konglomerat yang sudah makan enak hasil ekspor nikel ke Eropa….?

Mereka pasti gigit jari…, karena sudah dilarang sama Jokowi.

Apakah mereka diam….?

Pastinya tidak…., dan sudah pasti melawan dengan berbagai cara.

Kini…., Jokowi menghentikan tabiat buruk itu.

Jokowi membangun perusahaan nikel dari hulu ke hilir…, sehingga kita tidak akan menjual nikel dalam bentuk bahan mentah yang murah…, tapi dalam bentuk baterai yang mahal.

Di satu sisi…, kita mendapat keuntungan yang berlimpah.

Di sisi lain…., Eropa akan sangat bergantung pada kita.

Apa ini jalan mulus….?

Kita orang awam melihatnya mulus dan lancar…, tapi apa kita paham perlawanan besar dunia sedang menghantam Jokowi saat ini….?

Even presiden yang mereka bilang plonga plongo itu…, di balik layar sedang perang melawan Uni Eropa.

Apa kita tidak menyadari hal itu….?

Seberapa kuat Jokowi mampu memenangkan perang ini….?

Wong di dalam negeri saja…, banyak di antara kita yang kerjaannya cuma dema-demo.

Jokowi kemudian membangun perusahaan Baterai Electroc Vehicle (EV)…, yang sekalipun banyak diprakarsai perusahaan China…, namun tetap prinsipnya adalah Kontrak Karya.

Kenapa China….?

China adalah negara dunia ketiga…., yang hari ini juga gencar memproduksi Mobil Listrik selain Uni Eropa…, bahkan melewati prestasi Amerika.

Uni Eropa hanya ingin membeli bahan baku nikel dari kita…, dan enggan melakukan kerjasama.

China sadar….; bahwa mereka memiliki teknologi dan SDM Ahli…, tetapi tidak memiliki bahan baku baterai.

Sementara Indonesia…., memiliki bahan baku tapi tidak dengan teknologi.

Mutualisme ini…, melahirkan investasi yang saling menguntungkan.

Inilah asal muasal mereka pada heboh TKA China.

Mereka menolak…., karena belum tahu latar belakang ceritanya bukan….?

Jika bukan China…, masa depan cerah Indonesia akan terlewatkan.

Arab Saudi sudah diundang…, tetapi tidak mau menanamkan modalnya…., karena jelas Arab Saudi tidak punya teknologi itu.

China tidak merampas kesempatan pekerja…., karena dalam perjanjiannya China hanya akan mendatangkan tenaga terkait mesin dan alat produksi yang berkaitan dengan teknologi mereka.

Begitu juga soal TKA China…., yang di Sulawesi.

Mereka bertugas mengaplikasikan instalasi alat-alat dari perusahaan China ke Indonesia…., untuk mendirikan pabrik nikel sampai pada produksi baterainya.

Apa wajah masa depan Indonesia….?

Minyak bumi akan habis…, Arab Saudi sudah kebingungan untuk menanamkan modalnya kemana-mana.

Eropa terutama Jerman…., dan juga Jepang…, sedang banting setir dari otomotif emisi menuju otomotif listrik…., tapi mereka tidak punya baterainya.

Hanya Indonesia yang punya bahan baku…., lahan…., SDM…., dan pasar.

Nah…, bagaimana cara untuk memperlancar itu semua….?

Indonesia harus siap insfratruktur…., karena bentuk geografis kita adalah pulau dengan jangkauan yang sangat luas.

Lalu regulasi….; Omnibus Law ini adalah senjata jitu…., untuk memuluskan transisi berpindahnya banyak sekali perusahaan asing ke negeri ini.

Lantas…., apa kita tidak takut nanti negara kita dijajah bangsa asing….?

Jangan samakan era sekarang…., dengan jaman Pak Harto.

Sekarang kita sudah memiliki UU Kontrak Karya…., apapun bentuk usaha asing yang masuk ke negeri kita…., minimal 51% sahamnya harus milik perusahaan yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Kalau sudah menguasai 51% saham…., maka kita adalah pengelola aktif….; saham yang lain itu hanya menyokong dana dan saran.

Apa Jokowi bisa menjamin pelaksanaan UU tersebut….?

Buktinya sudah nyata…., yaitu Freeport.

Dahulu kita cuma menikmati 9% keuntungan…., sekarang kita sudah memiliki 51% keuntungan Freeport.

Apa mereka tahu perjuangan Jokowi untuk merebut 51% itu….?

Ya sudah pasti tidak tahu…., wong kerjaan mereka cuma mainan hoaks dan demo kemana-mana kok.

Pada 2030….; ditargetkan seluruh armada Trans Jakarta adalah Bus Listrik.

Dan setelah pabrik baterai…., plan berikutnya adalah pabrik Mobil Listrik.

Apakah ini hanya rencana….?

Indonesia sudah memulai pembangunan pabriknys…., kalau tidak percaya silahkan googling Mobil Listrik Indonesia.

Kalau masih belum percaya lagi….?

Lihat Perpres Nomor 55 Tahun 2019…., tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Belum percaya lagi….?

Lihat produk-produk kebijakan apalagi…., yang sudah dilandaskan pada Perpres tersebut.

Apa tidak mungkin kita akan menjuarai otomotif dunia…., karena bahan bakunya kita yang punya…?

Apa tidak mungkin kita akan semakmur Arab Saudi di masa mendatang….?

Jokowi tinggal 4 tahun menjabat…, itupun masih mereka recoki dengan isu-isu hoaks.

Nikel…, baterai EV…., dan mobil listrik adalah masa depan Indonesia.

Rahayu

Semoga President Jokowi & seluruh staff selalu dlm lindunganNYA..makin terbekati..makin bijaksana..kuat Iman..success dlm berjuang utk terwujudnya GEMAH RIPAH LOH JINAWI bagi seluruh Rakyat Indonesia tercinta ..aamin 🙏🙏🇲🇨❤

Failure Teach You More

To All Parents
( Untuk Para Orangtua )

There was a very brilliant boy, ( Ada seorang anak laki-laki yang pintar)

He always scored 100% in Science. ( Dia selalu memperoleh angka 100% di bidang sains)

Got selected for IIT Madras and scored exellent in IIT. ( Dia diterima di IIT Madras dan memperoleh nilai tinggi di IIT).

Went to the University of California for MBA.
( Kemudian melanjutkan ke Univ of California untuk MBA).

Got a high paying job in America and settled there. ( Memperoleh gaji tinggi di AS dan tinggal disana).

Married a Beautiful Tamil Girl. ( Menikah dengan gadis Tamil cantik).

Bought a 5 room big house and luxury cars.
( Beli rumah besar dengan kamar 5 dan sedan mahal).

He had everything that make him succesful, but a few months ago he commited suicide after shooting his wife and children. ( Dia mempunyai segala sesuatu yang membuat dia sukses, tetapi beberapa bulan yang lalu dia bunuh diri setelah lebih dulu menembak istri dan anak-anaknya.)

WHAT WENT WRONG?
APA YANG SALAH ?

California Institute of Clinical Psychology studied his case and found “what went wrong?”
( Klinik Psikologi Institut California mempelajari kasus ini dan menemukan apa yang salah?).

The researchers met the boy’s friends and family and found that he lost his job due to America’s Economic Crisis and he had to sit without a job for a long time. ( Para peneliti menemui teman dan keluarga laki-laki tersebut dan menemukan bahwa dia kehilangan pekerjaan karena Krisis Ekonomi AS dan terpaksa menganggur untuk jangka yang panjang.)

After even reducing his previous salary amount, he didn’t get any job.
( Bahkan setelah dia mengurangi jumlah gaji sebelumnya, dia tetap tdk memperoleh pekerjaan.)

Then his house installment broke and he and his family lost the home.
( Kemudian cicilan rumahnya macet dan dia dan keluarganya kehilangan rumah tsb.)

They survived a few months with less money and then he and his wife decided to commit suicide. ( Mereka dapat bertahan beberapa bulan dengan duit seadanya dan dia dan istrinya memutuskan untuk bunuh diri.)

He first shot his wife and children and then shot himself. ( Dia lebih dulu menembak istri dan anak-anaknya dan kemudian menembak dirinya.)

The case concluded that the man was ( Kasus ini menyimpulkan bahwa laki-laki itu 🙂

Programmed for Succes but he was not Trained for Handling Failures.
( Dididik untuk Sukses, tetapi tidak Dipersiapkan untuk Gagal. )

Now, let’s come to the actual question.
( Sekarang, mari kita bahas pertanyaan sebenarnya. )

What are the habits of highly succesful people?

( Apa yg menjadi kebiasaan orang yang sangat sukses?)

First of all,
I want to tell you that if you have achieved everything, there is a chance to lose everything.
( Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa jika anda telah mencapai sesuatu, ada kemungkinan kehilangan segalanya.)

Nobody knows when the next Economic Crisis will hit the world!. ( Tidak seorang pun tau kapan Krisis Ekonomi akan terjadi di dunia ini!.)

The best Success habit is getting trained for handling failures!.( Kebiasaan sukses terbaik adalah memperoleh pelatihan menghadapi kegagalan!.)

I want to request every parent, ( Saya ingin mengatakan kepada setiap orang tua,)

Please do not only program your child to be successful, but teach them how to handle failures and also teach them proper lessons about life.
( Jangan hanya mendidik anak anda menjadi sukses, tetapi ajari mereka menghadapi kegagalan dan juga ajari mereka _pelajaran yang tepat tentang hidup)

Learning high-level Science and Maths will help them to clear competitive exams
but a Knowledge about Life will help them to face every problem.
( Belajar sains dan matematika tingkat tinggi akan membantu mereka lulus ujian yang sangat kompetitif tetapi Pengetahuan tentang Kehidupan akan membantu mereka menghadapi setiap masalah. )

Teach them about how Money Works, instead of teaching them to Work for the Money.
( Ajari mereka tentang bagaimana uang bekerja dari pada hanya mengajari mereka Bekerja untuk Uang)

Help them in finding their passion, because these degrees will not help them in the next Economic Crisis and we don’t know when The Next Crisis will hit the World. ( Bantu mereka menemukan “passionnya”, sebab semua titel ini tidak akan membantu mereka dalam Krisis Ekonomi yad dan kita tidak tau kapan lagi Krisis Ekonomi akan terjadi di muka bumi ini.)

SUCCESESS is A “LOUSY TEACHER”, ( SUKSES ADALAH GURU YANG JELEK)

FAILURE TEACHES YOU MORE! ( KEGAGALAN MENGAJARKAN ANDA BANYAK HAL !).

😊🙏