Lifetime Achievement Award

Berikut ini adalah sambutan saya pada pemberian anugerah

LIFETIME ACHIEVEMENT AWARD

dari Iluni-FTUI, yang diselenggarakan pada penutupan pameran hasil karya FTUI dan Iluni-FTUI, bertempat di Pondok Indah Mall 2, tanggal 07 – 10 November 2019. Ada 2 orang yang mendapatkan award ini 1) Saya sendiri Raldi Artono Koestoer, dengan karya Inkubator Grashof yang dipinjamkan dengan gratis untuk golongan prasejahtera, dan yang 2) Harry Aprianto Kissowo, dengan karyanya Speaker V8Sound yang kualitasnya setara dengan speaker high-end dari Luar Negeri.

-0-
Jadi itulah, masterpiece nya. Mengapa? Karena ini adalah inkubator yang paling canggih di dunia. Anda tidak percaya kan? Saya buktikan sekarang, saya buktikan. Adakah inkubator buatan asing yang bisa dibawa masuk ke rumah gedeg? Tak ada. Nah, ini bisa. Kemudian yang kedua… Adakah inkubator buatan asing yang beratnya 13 kg, portable, bisa dibawa turun gunung, naik gunung, turun lembah, naik lembah, masuk ke rumah orang miskin yang listriknya hanya 450 Watt? Tidak ada. Kemudian inkubator ini dipinjamkan gratis untuk keluarga pra-sejahtera. Dan sudah menolong sejak 2012 s/d 2019, dari Aceh sampai Papua, sudah menolong 3000 bayi. Kemudian, ini tidak dijual. Kalau Anda tahu mass production, lawannya custom production, dibuat satu-satu. Tapi ini tengahnya, yaitu batch production. Dan tengahnya ini, sebulan di produksi satu lusin. Dan hanya untuk Agen Relawan.

Agen Relawan adalah Agen yang meminjamkan Inkubator Gratis ini ke rumah ibu bayi, diantarkan ke rumah ibu bayi. Kalau sudah selesai diambil kembali, dan kemudian dipelihara oleh Agen Relawan. Sekarang sudah ada Agen Relawan di 95 kota di seluruh Indonesia. Tapi cita-cita kami kalau bisa tahun depan ada di 300 kota. Jadi approachnya mulai tahun ini kami tidak approach secara individual untuk menjadi agen relawan, tapi institusional. Institusional, dengan institusi yang sudah punya jaringan. Jadi kalau bisa, kita bicara dengan institusi yang sudah punya jaringan. Sekali dapat 20, 30, bahkan 100. Jadi kalau bisa tahun depan jadi 300 kota sudah tercover oleh inkubator. Dan Agen Relawan mengganti biaya produksi Rp 4 juta. Artinya kita bekerjasama. Kerjasama dengan amanah. Amanahnya apa? Pertama, mau mengantarkan ke rumah ibu bayi. Mengapa? Karena keluarga pra-sejahtera tak punya mobil pastinya. Jadi diantar. Kemudian sudah kelar, diambil kembali. Maintenance dilakukan oleh Agen Relawan. Hanya sedikit karena kami guide semua dari markas. Lalu dilarang mengkomersilkan inkubator, dilarang tarik biaya sewa. NOL RUPIAH. Biasanya kalau di Tokopedia ditulis nol, alias GRATIS.

Seminggu sekali, kami blasting SMS ke nomor ibu bayi untuk bertanya berat bayi. Kami tanyakan karena kami pinjamkan pula timbangan bayi, satu paket dengan inkubator dan suhu digital. Sehingga tiap hari ibu bayi bisa menimbang berat bayinya, seminggu sekali mereka akan jawab lewat SMS. Kalau mula-mula 1.5, terus seminggu kemudian 1.7. Nah, kalau sudah 2.5 kita bilang sudah selesai. Karena itu sudah berat normal bayi Indonesia. Kalau beratnya sudah 2.3, kami bilang kalau siang, harap dilatih di luar inkubator. Kalau siang. Kalau malam masuk lagi. Nah, kalau bayinya sudah sumuk, kadang-kadang 2.3 bayinya sudah tidak betah, sumuk, artinya sudah selesai. Kita kontak agen relawan untuk mengambil kembali inkubator itu.

Beberapa Agen Relawan itu adalah alumni, baik S1, S2 atau S3. Tapi kebanyakan berasal dari umum. Ada yang bankers, dokter juga ada, rumah sakit juga ada. Jadi saya sebutnya entitas Agen Relawan. Siapa mereka itu?
1. Individu
2. Pasangan suami istri
3. Keluarga
4. Komunitas
5. Yayasan
6. Rumah Sakit
7. Organisasi Lain

Sekarang saya mau menjelaskan sedikit prinsip kerjanya karena berlainan dengan inkubator yang ada di rumah sakit. Pertama, heating chamber. Di dalamnya ada pemanas yang berupa dua buah lampu pijar (@ 25 Watt), sehingga inkubator ini adalah the most saving energy of incubator, paling hemat energi. Ada orang dari environment (lingkungan) bilang ini green incubator, inkubator hijau (paling hemat energi) walaupun warnanya biru. Sebab inkubator yang besar dari luar negeri power consumption-nya 300-500 Watt. Kok bisa 50 Watt? Saya sampaikan rahasianya kepada Anda. Di luar negeri, environment temperature-nya 0 oC, pakai heater 15 oC. Kita butuh di dalam kabin bayi 33-35 oC. Sedangkan di Indonesia, di dalam ruangan suhunya 29-30 oC. Di luar negeri, dari 15 naik ke 35 perlu energi besar, power consumption tinggi. Kalau kita dari 30 ke 35, butuh 50 Watt saja cukup -bahkan sebetulnya kelebihan sedikit. Tapi ada beberapa daerah di Indonesia yang temperaturnya rendah: Bandung, Lembang, dan sebagainya. Jadi di naikkan sedikit. Begitulah. Jadi heating chamber ini, kalau lampunya nyala, dia jadi panas, temperaturnya naik. Rumusnya waktu kita semua SMA begini nih: rho sama dengan rho kurung t. Artinya, massa jenis tergantung temperatur. Grafiknya dari atas ke bawah. Apa artinya? Artinya kalau temperaturnya naik, massa jenisnya turun, udara menjadi enteng. Udara yang enteng naik ke atas lewat kisi-kisi memenuhi kabin bayi, temperatur jadi naik 35 oC. Udara tadi keluar lewat lubang yang berada di sisi-sisi kabin. Lalu kabin kembali di isi oleh udara baru dari bawah. Sehingga terjadi aliran alami, natural circulation. Apa akibatnya? Akibatnya inkubator ini menjadi the most silent incubator. Artinya inkubator yang paling senyap di dunia, karena tidak ada bunyinya. Inkubator di rumah sakit pakai fan, jadi bunyinya bunyi fan itu. Supaya (udara) cepat ke atas, pakai double fan. Kalau siang gak kedengeran, begitu malam bunyinya jadi keras. Nah ini mengganggu bayi. Jadi ada desibel tertentu yang gak boleh lewat. Tadinya (inkubator) juga besar, terus jadi kecil karena dipinjamkan di rumah menengah ke bawah.

Jadi gini, waktu dulu besar inkubatornya, kita antar ke rumah keluarga pra-sejahtera. Rumahnya masih jauh dari jalan. Jadi kita berhenti di jalan raya, masuk ke gang. Masih setengah km lagi, kan di dorong ke rumah glodak-glodok. Sampai rumah, rumahnya kecil banget. Mau masuk susah, kita copot dulu atasnya (akrilik). Masuk kamar lebih kecil lagi. Akhirnya sampai di kamar, mau manuver tidak bisa. Kenapa? Karena sini mentok lemari, situ mentok tempat tidur, situ mentok lagi tembok. Kita coba nyalakan, WADUH! Gak nyala…. Tapi namanya tukang insinyur sudah bawa obeng. Kita bongkar, satu jam nyala. Bayi bisa diselamatkan.

Tapi dari pengalaman itu, ide menjadi berubah. Tidak bisa lagi pakai yang besar. Kita mendesain baru, new ideas. Berbagai tipe terus kami ciptakan sampai akhirnya bisa kecil seperti yang Anda lihat: bisa diangkat, portable, 13 kg. Dan sekarang -yang Anda lihat disini model CBU- kita sudah mendesain tipe CKD (Complete Knock Down). Bisa dipretelin seperti IKEA. Jadi kalau dikirim jauh ke luar (pulau Jawa) bisa dibawa koper, masuk ke dalam koper. Di tengah koper, masih ada sisanya sebelah kanan-kiri. Jadi pakaian dalam masih bisa, pakaian luar masih bisa. Sudah dibuktikan oleh dokter dari FK UI waktu dia bertugas ke Mamberamo. Dokternya kecil, kopernya lebih tinggi. Dan sudah menyelamatkan bayi di Papua. Dan sekarang ada di Aceh sampai Papua di 95 kota.

Kami masih mengharapkan bapak dan ibu yang berminat menjadi Agen Relawan untuk mengontak kami, kemudian menjadi Agen Relawan. Kalau bisa di luar Jawa. Karena di Jawa sudah cukup banyak, di luar Jawa masih sedikit. Di Sumatera, dari Aceh sampai ke Lampung, hanya ada 8 Agen Relawan. Jabodetabek ini ada 11 Agen Relawan. Kemudian kita masih perlu lagi di Bekasi. Bekasi banyak sekali bayi prematur, dan disana hanya ada dua agen. Sering kekurangan, sehingga kami dari markas mesti sering bantu Bekasi. Jakarta masih kurang: Jakarta Pusat dan Jakarta Utara belum ada. Sumatera masih sangat kurang. Kalimantan hanya ada tiga, Sulawesi hanya ada tiga. Di Maluku belum ada, di Papua sudah ada. Nusa Tenggara sudah ada di Sumba. Bahkan sekarang, kami sudah buat “Mini Factory of Incubator” di Kupang. Dan kami ingin buat lagi di pulau-pulau terluar, yang jauh. Mungkin bisa sampai sepuluh, sekarang baru mulai satu. Dan itu sangat mudah. Pertama, ada tempat dulu. Kedua, ada orang yang dedicated. Ketiga, mesinnya kami yang suplai. Kami, Alhamdulillah, berkecukupan rejeki untuk menyuplai mesinnya. Sehingga bila ada yang berminat di luar Jawa, tempat yang jauh-jauh, kami mau kerjasama untuk membuat “Mmini Factory of Incubator” supaya banyak bayi-bayi tertolong di seluruh Indonesia.

Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

-0-
Keterangan lebih lanjut tentang – Peminjaman Inkubator Gratis untuk Seluruh Nusantara –
Klik saja : https://www.inkubator-gratis.org

Kompor Tenaga Surya

KOMPOR TENAGA SURYA

(Topik skripsi 2019-2020, Raldi A. Koestoer – FTUI)

Dapur bersih bebas asap: memasak dengan matahari

Latar Belakang:

Memasak merupakan salah satu aktivitas vital dalam kehidupan manusia. Setiap hari semua rumah tangga di Indonesia melakukan aktivitas memasak. Saat ini, kompor gas/LPG menjadi salah satu primadona rumah tangga Indonesia untuk memasak (70%) menggantikan kompor minyak tanah sejak dilakukannya konversi dari minyak tanah ke LPG pada tahun 2007 yang lalu (Gambar 1). Sementara itu, di posisi kedua kayu bakar (fuelwood) masih digunakan secara luas oleh banyak rumah tangga di Indonesia (sekitar 25%). Meskipun tingkat pencemarannya lebih sedikit dibandingkan dengan kayu bakar dan minyak tanah, penggunaan gas/LPG juga menghasilkan pencemaran berupa gas CO2 (yang merupakan salah satu komponen gas rumah kaca) yang berkontribusi pada perubahan iklim secara global. Selain itu kita juga kerap disuguhkan dengan berita mengenai kelangkaan LPG untuk kebutuhan rumah tangga, terutama di daerah-daerah pedalaman yang sulit terjangkau. Apakah tidak ada sumber lain untuk memasak? Penggunaan kedua sumber energi tersebut (LPG dan Kayu Bakar) sepatutnya bisa dikurangi atau mungkin ditinggalkan dengan menggunakan sumber energi primer yang lebih bersih, yaitu matahari. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki potensi matahari yang sangat besar (Gambar 2) namun masih belum dimanfaatkan secara optimal.

https://ars.els-cdn.com/content/image/1-s2.0-S0973082618302412-gr1_lrg.jpg

Gambar 1. Persentase rumah tangga dengan sumber energy utama untuk memasak di Indonesia (2007-2015). Sumber gambar: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0973082618302412

Kompor tenaga surya (solar cooker) adalah sebuah peralatan yang menggunakan energi panas matahari untuk memasak. Kompor tenaga surya pertama kali dibuat pada tahun 1797 oleh seorang ilmuwan Swiss [1]. Saat ini tersedia bermacam-macam jenis kompor surya, dari jenis yang sederhana berbahan karton dengan bentuk box sampai jenis parabola [2, 3]. Prinsip kerja dari kompor tenaga surya adalah memfokuskan cahaya matahari, mengubah cahaya menjadi panas, dan mengalirkan/menyimpan panas yang dihasilkan ke wadah pemasak (panci, periuk, kuali, dll) [1]. Di Indonesia, penelitian dan pengenalan teknologi kompor tenaga surya telah dimulai sejak tahun 1995 [4, 5], namun sayang hingga saat ini penggunaannya masih belum memasyarakat seperti yang dapat kita lihat pada persentase di Gambar 1.

Gambar 2. Irradiaasi horizontal global Indonesia (sumber: https://globalsolaratlas.info/).

Tujuan Skripsi:

Setelah menyelesaikan skripsinya, mahasiswa/i diharapkan agar:

  1. dapat merancang dan mempabrikasi kompor surya (solar cooker) dengan effisiensi yang tinggi dan ekonomis yang sesuai dengan karakteristik Indonesia (ketersediaan material lokal, letak geografis/intensitas surya, dll).
  2. bisa mengidentifikasi faktor-fartor penghambar diseminasi kompor surya dimasyarakat dan memberikan solusi untuk mengatasinya.
  3. diharapkan bisa memberikan konsep kewirausahaan sosial untuk bisa memasyarakatkan penggunaan kompor surya yang dirancangnya.

Pembimbing:

  1. Raldi A. Koestoer , FTUI. Utk th ajaran 2019-2020 (baru di open 12 Nov 2019)
  2. Group Lab Perpindahan Kalor,  FTUI
  3. Emilius Sudirjo (emiliuss@gmail.com), pembimbing eksternal.-

Referensi awal:

  1. Climate technology center & network https://www.ctc-n.org/technologies/solar-cooking
  2. Solar cooking wiki https://solarcooking.fandom.com/wiki/Solar_Cooking_Wiki_(Home)
  3. Solar Cookers International https://www.solarcookers.org/
  4. The social acceptability of solar cooking in Indonesia https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0960148198004601
  5. Sun Cooking is the Best Practice in Indonesia https://www.isesco.org.ma/ISESCO_Technology_Vision/NUM01/doc/Herliyani%20Suharta.pdf

Obat Penyakit Sendi

Seorang mahasiswa yang luar biasa asal Indonesia telah menerima pengakuan internasional dan penghargaan tinggi dari komunitas medis berkat prestasinya dalam mengembangkan perawatan unik untuk mengatasi penyakit sendi. Penemuan ini akan memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia untuk terhindar dari kematian dini yang disebabkan oleh keracunan darah karena penyakit sendi.

Artikel diterbitkan: 2.11.2019
Pada tanggal 28 September 2019, terjadi sebuah peristiwa penting di Kongres Rheumatologi Dunia. Seluruh penonton, berdiri selama 10 menit, memuji pria muda yang berdiri di atas panggung. Pemuda ini adalah seorang mahasiswa asal Indonesia yaitu Arif Hidayat, yang mempresentasikan laporannya mengenai pengembangan alat unik yang dapat sepenuhnya mengobati sendi yang sakit.

Selama beberapa tahun, Arif Hidayat bersama dengan sekelompok ilmuwan terlibat dalam implementasi ide-idenya yang luar biasa. Para ahli dari Universitas Indonesia, Institut Reumatologi, Universitas Kedokteran, RSUP Cipto Mangunkusumo dan beberapa spesialis lain mengambil bagian dalam pengembangan obat ini. Sekarang gagasan tersebut sudah menjadi jelas bagi semua orang karena gagasan itu telah menjadi kenyataan dan mulai membawa hasil yang luar biasa.

Di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa penyakit sendi sangat berbahaya dan bagaimana pengembangan terobosan baru ini dapat menyelamatkan jutaan nyawa. Selain itu, kita akan membahas pertanyaan tentang bagaimana dan dimana alat ini dapat diperoleh.
Reporter: Arif, Anda adalah salah satu dari 10 mahasiswa berprestasi dari universitas kedokteran terbaik di dunia. Mengapa Anda memutuskan untuk mengabdikan diri untuk memecahkan masalah penyakit sendi?

Saya tidak ingin membicarakan hal ini di depan khalayak, karena motivasi saya bersifat pribadi. Beberapa tahun yang lalu, ibu saya meninggal karena keracunan darah yang disebabkan oleh kerusakan jaringan artikular.

Dia selalu terlihat normal dan hanya sesekali mengeluh nyeri sendi. Seiring berjalannya waktu, rasa sakitnya mulai meningkat, dan dokter memberikan rujukan untuk menjalani perawatan di rumah sakit di Jakarta. Kami mengira bahwa tidak ada masalah, tetapi karena kelalaian dokter dan perawatan yang tidak tepat, ia mengalami keracunan darah. Mereka tidak bisa menyelamatkannya, dan dia sudah tidak ada di tengah-tengah kami selama beberapa tahun. Yang paling menyedihkan adalah nenek saya meninggal karena alasan yang sama. Lalu saya bersumpah pada diri saya sendiri bahwa saya akan lulus dari universitas, menjadi seorang ilmuwan dan mengabdikan diri saya untuk memecahkan masalah penyakit sendi.

Saya masih ingat saat saya pertama kali menyadari bahwa semua tablet dan salep modern di apotek mengandung bahan kimia berbahaya yang menyebabkan efek samping negatif pada sendi yang sakit dan menghancurkan hati dan waktu itu saya sangat terkejut. Ini adalah obat yang sama dengan yang diminum ibu saya setiap hari.

Selama tiga tahun terakhir Saya mendalami topik ini secara khusus. Saya mengembangkan metode baru untuk mengobati sendi, yang saat ini sedang ramai dibicarakan orang. Metode ini muncul selama penulisan skripsi. Tentu saja, Saya menyadari bahwa Saya bisa berhasil menemukan pengobatan terbaru, tetapi Saya tidak pernah menyangka bahwa ini akan menimbulkan minat yang luas di seluruh dunia.

“Reporter: Kami mendapat informasi bahwa perusahan-perusahan farmasi terkenal berskala internasional menaruh minat yang besar terhadap pengembangan pengobatan ini. Apakah mereka menawarkan untuk membeli pengembangan Anda?”

Begitu hasil uji klinis dipublikasikan, Saya langsung menerima beberapa penawaran untuk menjual hak paten bagi pengembangan saya. Awalnya Saya ditawari 120 ribu euro oleh perusahaan Perancis. Kemudian perusahaan farmasi Amerika menawarkan $ 35 juta. Saya seringkali mendapatkan penawaran bisnis semacam ini untuk penjualan pengembangan saya. Sampai akhirnya Saya harus mengubah nomor telepon dan berhenti menggunakan jejaring sosial.

Reporter: Mengapa Anda tidak ingin menjual pengembangan Anda. Lagi pula, apakah penawaran itu benar-benar menguntungkan?

Mungkin ini terdengar aneh, tetapi Saya tidak membuat obat ini untuk dijual. Apa yang akan terjadi jika obat ini dibeli oleh perusahaan farmasi internasional? Mereka akan segera menaikkan harga obat berkali-kali lipat. Dengan harga seperti itu, orang biasa tidak akan mampu membeli obat ini. Salah satu dokter asing memberi tahu Saya bahwa obat semacam itu bisa menghabiskan biaya setidaknya $3.000. Coba Anda pikirkan, apakah ada banyak orang Indonesia yang mampu membelinya?

Itulah sebabnya Saya langsung setuju ketika Saya menerima tawaran dari Departemen Kesehatan Indonesia tentang partisipasi pemerintah dalam kelanjutan pengembangan obat nasional Indonesia kami. Sekarang Saya bekerja sama dengan spesialis terbaik dari Klinik Jantung Universitas Indonesia, universitas kedokteran dan Institut Riset Ilmiah di Bidang Reumatologi. Itu adalah pengalaman yang sangat berharga bagi Saya. Sekarang obat telah lulus uji klinis dan tes, juga sudah memiliki semua sertifikat dan pengakuan. Hal yang terpenting adalah orang dapat dengan bebas membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kami juga bertemu dengan seorang ahli dari Kementerian Kesehatan di bidang implementasi program pemerintah untuk pengembangan obat. Beliau adalah seorang professor di Universitas Indonesia, seorang rheumatologist, wakil direktur Institut Reumatologi dan direktur Asosiasi Akademi Medis Ahmad Sahlan, dan memintanya untuk berkomentar dan menginformasikan kepada Kementerian Kesehatan tentang rencana pengembangan obat baru.

Reporter: Profesor Ahmad Sahlan bolehkan Anda jelaskan kepada kami, hal apa yang baru dari dan apakah obat ini benar-benar merupakan obat terbaik di dunia untuk pengobatan penyakit sendi?

Ya, sampai hari ini obat ini benar-benar obat yang terbaik dan memiliki pendekatan yang sama sekali baru untuk pengobatan penyakit sendi. Bagaimana cara kerja obat-obatan lama? Tidak efektif, tidak selektif, dan memiliki efek samping berbahaya. Itu jalan buntu, karena solusi yang lama hanya membantu menghilangkan rasa sakit, dan tidak bisa mengembalikan tulang rawan sendi. Berjuang dengan adanya konsekuensi penyakit baru, dan bukan mengobati penyebabnya. Obat-obatan tersebut tidak mengobati, tetapi hanya memperburuk kondisi pasien. Pengembangan baru “Flex Active” memulai proses pemulihan jaringan tulang rawan di tingkat sel, sehingga menghentikan penghancuran sendi dan menghilangkan sumber infeksi. Darah yang tidak terinfeksi memiliki akses langusng ke jaringan tulang di persendian dan terlibat dalam regenerasinya. Obat ini mengatasi kekurangan cairan sinovial, dan dengan demikian dapat mengembalikan fungsi sendi dan meningkatkan fleksibilitasnya. Kita dapat mengatakan bahwa berkat “Flex Active”, serta upaya sejumlah dokter dan ahli, kita telah berhasil untuk membuat obat generasi baru yang efektif yang mengobati sendi dalam kondisi apa pun, dan pada usia berapa pun.

Reporter: Mengapa penyakit sendi begitu berbahaya?

Lihatlah statistik kesehatan dan statistik jumlah kematian di Indonesia. Lebih dari 350.000 orang hanya bisa bergerak dengan menggunakan kursi roda. Sekitar 100.000 dari mereka benar-benar tidak berjalan. Sekitar 150.000 orang meninggal karena keracunan darah di sekitar jaringan artikular yang disebabkan oleh kerusakan sendi. Penyakit sendi bukan hanya rasa sakit dan cacat, tetapi juga menjadi sumber infeksi yang terus-menerus di dalam tubuh yang dapat menyebabkan keracunan darah. Infeksi menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan efek berbahaya pada semua organ. Apakah ini berarti bahwa siapa pun yang menderita nyeri sendi dalam bahaya yang mematikan? Bisa dibilang, Iya. Serangan jantung, pendarahan otak, kanker hati, dan gagal ginjal dapat terjadi kapan saja. Seperti yang Anda lihat, tidak ada pasien yang berada dalam kondisi aman.

Reporter: Tapi bukankah ada banyak obat yang membantu mengobati sendi?

Iya, ada sejumlah besar obat-obatan, tetapi semuanya bereaksi berdasarkan prinsip yang sama, yang tadi sudah dijelaskan di awal wawancara ini. Mereka semua membantu untuk waktu yang singkat dan seseorang merasa lebih baik dalam jangka waktu tidak lama. Sebenarnya obat-obatan ini lebih cenderung membahayakan daripada membantu. Dengan bantuan obat tersebut, tidak mungkin untuk menyembuhkan sendi dengan harga Rp.490.000,00. Arif Hidayat benar sekali. Jika Anda melihat apa yang dijual di rak farmasi, dan mendengarkan ahli independen, Anda akan memahami bahwa sebagian besar obat hanya menguras uang dari orang sakit.

Reporter: Tetapi kemudian “Flex Active” juga akan dijual di apotek?

Lihatlah Arif. Begitu dia berhasil menciptakan obat revolusioner ini, semua perusahaan farmasi langsung mengantri untuk membeli hak paten atas obat ini. Sayangnya, mereka membutuhkannya untuk tidak menjualnya, tetapi sebaliknya untuk tidak dijual. Lagi pula, mereka menginginkan agar orang tidak sembuh, tetapi terus sakit dan terus menerus membeli obat-obatan yang tidak berguna dari mereka. Khusunya berkaitan dengan pengobatan sendi yang menjadi tambang emas di pasar farmasi. Di Amerika Serikat saja, obat-obatan semacam itu dijual miliaran dolar. Obat kami dapat secara dramatis mengubah situasi di pasar. Sekarang, tidak ada lagi yang akan menghabiskan uang setiap bulan untuk obat-obatan lama yang tidak ada khasiatnya, ketika muncul alternatif “Flex Active” yang memungkinkan Anda untuk melupakan masalah sendi.

Mungkin kami tidak akan dapat bekerja sama dengan apotek. Jaringan farmasi adalah mitra perusahaan farmasi dan mereka berperan sebagai satu tim. Mereka tidak ingin mendengar tentang kami dan tentang obat-obatan baru kami, walaupun faktanya obat kami saat ini merupakan satu-satunya obat yang secara resmi direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan Indonesia dengan hasil yang begitu signifikan dalam pengobatan dan rehabilitasi sendi.

Reporter: Tetapi jika obat itu tidak akan dijual di apotek, bagaimana obat itu bisa dibeli?

Kami memutuskan untuk mengatur distribusi langsung “Flex Active” tanpa jaringan farmasi dan perantara. Dari semua opsi yang memungkinkan, kami memilih opsi berikut: siapa pun dapat mengunjungi apotek online No. 1 Kementerian Kesehatan dan mengajukan permintaan. Setelah itu, seorang konsultan akan menghubunginya dan berbicara secara rinci tentang obat tersebut. Setelah dikonfirmasi, obat akan dikirim kepada pelanggan melalui pos. Sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan Indonesia, pada tanggal 27 September 2019 apotek online telah dibuat dan berfungsi.

Pada periode 2.11.2019 hingga 9.11.2019 , kami melakukan promosi, dan obat dapat dipesan dengan diskon besar. Setiap orang yang mengajukan aplikasi sebelum tanggal 10 Oktober akan menerima paket “Flex Active” dengan diskon besar. Ini adalah aksi kami bersama dengan Kementerian Kesehatan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap obat tersebut. Kami berharap bahwa sistem promosi dari mulut ke mulut akan bekerja dan semua orang yang berhasil sembuh dapat merekomendasikan obat ini kepada teman-teman mereka.

Untungnya, orang-orang yang memecahkan permasalahan ini memahami betapa pentingnya produk ini tersedia untuk seluruh masyarakat, dan tidak hanya untuk orang-orang tertentu. Kami berkomitmen untuk tidak menjual resep ke luar negeri dan tidak mengekspor produk ini. Ini hanya untuk Indonesia.

[Salinan dg bbrp editing].-

Visit mhs FKUI

Walaupun sudah lama vakum tidak menulis lagi, sekarang saya paksakan untuk nulis lagi apa adanya. Jangan harapkan tulisan saya bagus kaya tulisannya Prof Riri Fitri Sari di harian Kompas hari ini, tapi yang menyegarkan bagi saya adalah beritanya.

Ujug-ujug datang 8 orang mahasiswa dan mahasiswi FKUI (Fak Kedokteran UI) ke Markas kami di Gd MRC lantai 6. Dipimpin oleh Fasilitatornya Muh Nadief (mantan penghuni kantek)… Oh nggak ujug-ujug ya, MN sdh mengontak saya bbrp hari lalu. Dan kami teramat senang menyambut mereka, tentu saja selama ini belum pernah ada mhs dari disiplin non-teknik yang datang kemari. Apalagi boleh dibilang para calon dokter ini adalah klien kami.

Kami berusaha menyambut dengan se baik2nya yaitu dengan memberi suguhan yang sehat yaitu… AIR MINERAL SAJA.

Terasa sekali interaksi ini bermanfaat baik pada paparan saya tentang aktivitas inkubator gratis dan lebih seru lagi waktu Juan dan Je, menjelaskan hasil karya mereka Patient-Monitor dan EKG-bluetooth. Banyak pertanyaan2 diajukan oleh para mhs, yg menunjukkan mereka ini sangat antusias thd alkes yang kami bikin walau belum sempurna.

Besar harapan saya agar kerjasama ini benar-benar bisa terwujud. Kaum tua mungkin sulit bekerjasama, kaum muda mungkin bisa lebih cair satu sama lain, sehingga sinergi bisa lebi cepat terjadi. Kami yakin manfaatnya sangat besar bagi kepentingan bangsa ini selanjutnya.

Apa Kata Duterte ttg Amerika ?

Copas dr wag sblah :

Presiden Duterte dari Filipina berkata dengan sangat cemerlang.

“Ketika Anda memilih Amerika Serikat, Berarti anda memilih perang. Jika Anda memilih China, Anda memilih perdamaian!”

  Amerika Serikat hanya menjual satu produk ke Filipina,
yaitu, senjata, dan itu adalah barang bekas yang dibuang. Tetapi harganya masih sangat tinggi.

Dari Cina, outputnya adalah produk sorgum, infrastruktur, dan beraneka ragam barang kebutuhan yg bisa kita nikmati dgn harga murah.Hanya orang bodoh dan orang berkepentingan tertentu yang tidak bisa melihatnya

  Amerika Serikat selalu menciptakan kebencian, menciptakan kekacauan, menciptakan perang, menciptakan kepanikan investasi dan kemudian mengolah dolarnya kembali ke investasi AS dalam skala besar, sehingga orang-orang dalam kebencian dapat membeli senjata canggih Amerika dengan biaya berapa pun

Amerika Serikat adalah negara paling jahat di dunia. Karena ingin mempertahankan aliran dolar yang khas, dengan imbalan dolar bagi rakyat Amerika untuk tidak melakukan apa pun.

  Untuk mendapatkan kembali dolar melalui permainan finansial dan penjualan senjata, ia harus secara konstan menciptakan kekacauan dan perselisihan dimana-mana, bukan hanya di Filipina namun juga menciptakan kekacauan di seluruh dunia

Orang Amerika saja merasa malu:
Mereka mengatakan sendiri, bahwa dalam 239 tahun berdirinya Amerika Serikat, 222 perang yg terjadi.
   Tidak ada satu presiden Amerika adalah presiden perdamaian. Semua presiden telah berpartisipasi dalam meluncurkan perang setidaknya dua kali, dan tangannya ditutupi dengan donoran darah orang tak bersalah dgn jumlah yang tak terhitung.

Amerika Serikat suka mengiklankan bahwa ia adalah negara yang memeluk demokrasi dan hak asasi manusia.
Sebenarnya, ini adalah negara berdosa melawan kemanusiaan melawan hak asasi manusia dan anti-demokrasi!
Saya tidak tahu berapa banyak orang yang terbunuh oleh rudal mereka. Ini adalah negara yang benar-benar makan darah daging manusia.

melihat semua kejadian di dunia, Anda harus mengerti mengapa Amerika Serikat sangat sensitif dgn China?

Karena Amerika Serikat menyanyikan perdamaian dan perkembangan adalah palsu.

   China benar-benar berusaha membangun komunitas perdamaian manusia. Ini benar-benar menggunakan teknologi, militer, dan kemampuan ekonominya yang semakin kuat untuk menjaga perdamaian.
   Tentu saja, Amerika Serikat sangat marah sehingga matanya hijau karena cemburu.

oleh krn itu Filipina tdk boleh ikut”an dgn Amerika
  *Dunia ini damai, bagaimana Amerika Serikat?
bingung!!*
  Dan Cina masih ingin menjadi pembangkit tenaga teknologi nomor satu. Ini tidak baik untuk Amerika Serikat.

Oleh karena itu, perjuangan masa depan antara Cina dan Amerika Serikat adalah perjuangan dunia dan umat manusia kejalan mana yg akan ditempuh, menuju perdamaian dgn win win solution?, atau ikut jalan dengan Amerika Serikat? yg penuh dgn pertumpahan darah dimana” dlm bumi ini

Saya sangat percaya bahwa kemampuan China untuk mewakili keadilan dan hati nurani umat manusia, untuk bersaing untuk dominasi teknologi tinggi, dan untuk berjuang untuk manufaktur kelas atas adalah masalah China sendiri dan terkait dengan nasib dunia.
Oleh krn itu Filipina memilih berdampingan jalan bersama Cina adalah benar, dan tdk bisa dibantah dlm kurun waktu satu abad ini

Semua Baik Tapi Dengan Cara Berbeda

Pengingat Luar Biasa💛 (Posting dari sahabat Gusbeq di FB nya).-

*_SEMUA BAIK, TETAPI DENGAN CARA YANG BERBEDA_*

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk bangun di tengah malam untuk *Shalaat Tahajjud* setiap malam, tetapi yang lain tidak dapat bangun meskipun sudah berusaha.

Namun, mereka berpuasa pada hari *Senin dan Kamis* sepanjang tahun.

Yang lain tidak bisa melakukan kedua hal di atas, tetapi di mana pun mereka berjalan, mereka *bersedekah dengan murah hati kepada para pengemis.*

Beberapa orang tidak memiliki kekuatan untuk melakukan ibaadah tambahan, tetapi mampu menjaga *hati yang bersih dan wajah yang tersenyum* terhadap orang-orang sepanjang waktu.

Yang lain lagi tidak melakukan apa-apa selain hanya membuat anak-anak tertawa ketika bertemu dengan mereka.

Intinya?

Jangan pernah berpikir bahwa mereka yang tidak melakukan apa yang Anda lakukan lebih rendah daripada Anda, atau tidak memiliki apa pun yang bisa dipersembahkan bagi orang lain.

*Jangan pernah berpikir bahwa tindakan Anda untuk beribadah lebih baik daripada tindakan orang lain*.

Jangan biarkan kesalehan Anda menumbuhkan kebanggaan terselubung dalam diri Anda.

Jangan biarkan kesalehan Anda mengisolasi diri anda dari keluarga dan teman, jangan biarkan itu membuat Anda merasa *”lebih suci dari orang lain.”*

Keturunan, kekayaan, kemampuan ilmiah, warna kulit Anda, kekuatan di medan perang *bukan kriteria untuk kesalehan Anda.*

*Ada banyak manusia di Afrika, Eropa, Asia, Cina dan seluruh dunia yang mungkin lebih dekat dengan Allah daripada Anda karena fakta sederhana: bahwa mereka dapat menanggung kesulitan dan mengatasi cobaan lebih baik daripada Anda*.

Penampilan dan pakaian Anda bukanlah kriteria untuk kesalehan.

Ada banyak di dunia yang dekat dengan Allah meskipun mereka tampak biasa-biasa saja.

Afiliasi Anda dengan sebuah jamaah atau lembaga ilmiah mana pun, harus menjadi sarana untuk memusnahkan ego dan kebanggaan Anda, tanpa memandang rendah orang lain.

Ada banyak yang hatinya murni meskipun tidak berafiliasi dengan salah satu di atas.

*Hal ini bukan paspor otomatis ke Surga.*

Ada orang yang masuk surga hanya dengan memuaskan dahaga seekor anjing, yang lain mendapatkannya dengan hanya memaafkan semua orang setiap hari sebelum tidur.

*Mereka tidak memiliki banyak hal untuk ditampilkan, tetapi apa yang mereka lakukan, penting bagi Allah.*

Seseorang mungkin berjalan melalui gerbang surga dengan modal sangat sedikit dan kehadirannya ketika hidup di muka bumi tidak dianggap penting, sementara yang lain dengan perbuatan yang jauh lebih besar justru binasa karena kesombongan mereka.

*Jangan terkejut jika orang itu menuntun Anda berjalan melewati gerbang Surga.*

_SELALU MELIHAT HAL BAIK DALAM ORANG LAIN._

*_JADILAH ORANG BAIK, PIKIRKAN YANG BAIK, & LAKUKAN YANG BAIK._*

Two Phase Flow Kerjasama UI-UTM

Rasanya perlu juga saya menjelaskan apa itu Two Phase Flow. Jadi bahasa Indonesia secata mudah kita terjemahkan menjadi aliran dua fase. Anda tahu kan fase cair atau likuid, lalu anda tahu juga fase gas (kalau air fase gasnya adalah uap atau uap air). Nah aliran dua fase itu artinya likuid dan gas mengalir bersama-sama, bisa juga likuid dengan solid. Tentu saja pendekatannya bermacam-macam. Ada yg berasal dari satu zat (substance) misalnya air dengan uapnya atau juga gas dan likuidnya berasal dari zat yang berbeda. Secara general disebut juga multifase karena aliran yg terjadi bukan saja terdiri dari 2 fase gas likuid tapi juga 3 fase solid gas dan likuid. Biasanya mata kuliah aliran multifase ini diajar di semester akhir S1 atau di S2 (ada yg bareng untuk program fast-track). Lebih banyak eksis di jurusan atau Departemen Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Nuklir, Teknologi Energi dll. Kalau di Teknik Mesin, Aliran dua fase ini merupakan salah satu cabang kelanjutan dari FLuid Mechanic dan Heat Trasfer karena kasusnya banyak terjadi pada fenomena boiling dan condensation.

Kembali ke masa lalu tahun 90 an. Bersama dg mantan murid Sasanti Proborini, saya menulis buku judulnya – Aliran Dua Fase dan Fluks Kalor Kritis -, Pradnyaparamita 1994. Setelah itu saya merasa tidak ada harapan lagi untuk berlecimpung di 2 fase, boleh dikata saya tinggalkan karena tak ada teman tak ada komunitas dibidang ini. Lihat di web saya yang dulu: https://koestoer.wordpress.com/2012/10/09/buku-saya-20-tahun-lalu/

Nah tahu2 th 2009 pulanglah dari Korea staf muda DTM-FTUI yaitu Doktor Agus Pamitran, yang ternyata disertasinya berkaitan dengan ‘Aliran dua fase refrigeran dalam mikro-kanal’. Mulailah muncul semangat saya, sehingga bisa dilihat di tulisan saya : https://koestoer.wordpress.com/2012/12/07/didih-alir-dan-dua-fase/

Singkat kata kami kemudian membimbing bersama sdr Sentot Novianto (Unu) untuk membuat penelitian S3. Yang mana beliau lulus doktor tahun lalu 2018. Kerjasama ini kemudian dilanjutkan dengan membuat proposal hibah riset kerjasama internasional yang telahdisetujui Dikti tahun ini.

Mitra kerjasama berasal dari tim Thermofluids UTM (Univ Teknologi Malaysia) dbp ibu Prof Normah Ghazali, maka dalam rangka itulah kami visit dan lecturing di UTM Johor tgl 29-01 Okt 2019.

Berikut video dan foto tim UI yg terdiri dari beberpa orang : Agus Pamitran (pemimpin rombongan), Raldi (dosen senior), Sentot Novianto (fresh grad Doktoral, yg juga dosen Univ Trisakti), Fajri (mhs S3, ice slurry), Rehan S1 dan Iva S1.

Slide foto di UTM 01 Okt 2019

Mencari jurnal terindeks

1. Untuk mencari jurnal terindeks Scopus di sini :
https://www.scopus.com/sources
2. Untuk melihat jurnal tersebut masuk kategori Q berapa, lihat di :
https://www.scimagojr.com
3. Untuk mencari jurnal open access, silahkan cari di
https://doaj.org
4. Master Journals list yang ada di Clarivate dapat dilihat di:
http://mjl.clarivate.com
5. Untuk mencari jurnal terakreditasi nasional, silahkan lihat di:
http://sinta.ristekdikti.go.id/journals
6. Untuk mencari artikel secara gratis (mirip scopus tapi gratis tapi lebih canggih dibanding GS), silahkan menggunakan https://app.dimensions.ai/discover/publication,
7. Untuk memvisualisasi kata kunci pencarian ilmiah, silahkan menggunakan: https://openknowledgemaps.org

Si Sakit dan Si Tua

Menteri Kesehatan Cina, Zang Wenkang :

INI PERNYATAAN EKSTRIM, TAPI MUNGKIN BENAR JUGA

Ucapan Menteri Kesehatan Zhang Wen Kang di bawah ini patut menjadi renungan !

01.Masuk ke RS orangnya belum mati, diobati beberapa bulan kemudian mati,
coba kamu pikirkan ini diobati hingga sembuh, atau diobati hingga mati?

02.Diabetes :
Mula mula satu tanda plus, selama 10 tahun pengobatan berubah menjadi empat tanda plus,
coba kamu katakan setelah pengobatan jadi ringan atau tambah berat, serta apakah masih bisa bertahan 10 tahun lagi …

03.Dokter sendiri berdarah tinggi 10 tahun, dia sendiri tidak dapat mengobati dirinya, tapi bisa bisa buka resep untuk pasien darah tinggi.
Dokter itu sendiri diabetes 5 tahun, asam urat 8 tahun, membuka resep mengobati pasien yg sakit 1-2 tahun

Apakah Ini Tidak Lucu?

04.Gedung RS makin bangun makin besar, pasien sakit makin hari makin banyak, apabila dokter benar benar dapat menyembuhkan pasien, seharusnya pasien makin hari makin sedikit.

05.Penderita kanker di operasi, radioterapi, kemoterapi, setelah 2-3 bulan mati, bahkan bangkrut melarat.
Andai tidak masuk RS malah bisa hidup 2 tahun, bahkan bisa lebih lama, apakah itu prestasi medis atau hal yg menyedihkan ?

06.Jadi seharusnya orang macam apa yang harus ke rumah sakit ?

Pertama orang yang butuh pertolongan darurat,

Kedua orang yang butuh hemostasis darurat (menghentikan pendarahan).

Ketiga orang yang patah tulang tangan / kaki

Keempat ibu hamil yang akan melahirkan.

Bagi orang orang selain di atas, asal mengatur mentalitas hidup, berolahraga,ubah kebiasaan buruk, gizi seimbang, perawatan dengan herbal sudah cukup !

07.Kesimpulan :
Manusia sudah kehilangan pola pikir logis

Sakit → Makan obat
Ke dokter → Masuk RS
Akibatnya :
→Jual rumah
→ Pinjam uang
→ Diobati sampai mati!

Inilah kesedihan pola pikir inersial manusia!Manusia demikian galau dan tersesat !

‼ Ingat :
Kunci sehat berada di tangan sendiri!

Engkau sesungguhnya tidak sakit, hanya punya kebiasaan ke dokter periksa penyakit.
Jadi otaknya lah yang berpenyakit.

Mahatir Muhamad (usia 92th) mengatakan :
Saya akan menyarankan orang untuk tidak beristirahat ketika mereka menjadi tua karena jika anda beristirahat, anda akan segera menjadi sangat lemah dan tidak mampu, dan mungkin menjadi pikun.

Jadilah aktif setelah anda mencapai usia pensiun, kata Dr Mahathir.

Ini sama dengan otot ototmu, Jika anda tidak menggunakan otot dan berbaring sepanjang waktu, otot-otot bahkan tidak dapat membawa berat badan anda. Anda tidak bisa berdiri, anda tidak bisa berjalan.

Otak juga sama. Jika anda tidak menggunakan otak anda, anda tidak berpikir, anda tidak menyelesaikan masalah, anda tidak membaca, anda tidak menulis, otak mundur dan anda menjadi pikun. Jadi selalu aktiflah, tambahnya.

Jangan Pernah Merasa Sudah Tua, Tetaplah Muda Dan Aktif.